Gerakan pramuka Indonesia merupakan organisasi yang menjadi wadah pengembangan dan proses pendidikan generasi muda. Kepramukaan, suatu proses pendidikan di luar sekolah yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang menarik dan menantang di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan serta dibawah pengawasan pembina pramuka (orang dewasa).

Salah satu kegiatan bagi calon penegak yaitu Penerimaan Tamu Ambalan, yakni kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota ambalan pramuka penegak. Selain itu juga untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju pramuka penegak.

SMA Islam Hidayatullah, baru saja selesai melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan yang dikemas dalam bentuk kemah pramuka. Alhamdulillah, aneka kegiatan berlangsung dengan lancar seperti upacara, PBB, pembekalan bermacam-macam materi kepramukaan baik fisik maupun mental, api unggun, serta berbagai jenis games menarik. Para pengurus Dewan Ambalan telah mengatur sedemikian rupa atas bimbingan para pembina pramuka. Berlangsung selama dua hari, Jum’at-Sabtu, 6-7 September 2019 di Bumi Perkemahan Lemdadika Karanggeneng Ungaran.

“Selain untuk memperkenalkan kegiatan pramuka kepada kelas X, kemah ini juga banyak sekali manfaatnya bagi mereka. Antara lain, bertambahnya ketrampilan kepramukaan, mendorong belajar mandiri, bersosialisasi, berdisiplin, dan lain-lain.” Ungkap Bapak Muwahidin, S.Pd. selaku Wakil kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!