LPI HIDAYATULLAH- Sekolah islam menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat muslim.  Disini pendidikan agama menjadi fokus utama. Nah berikut beberapa ciri yang harus diperhatikan para orang tua dalam memilih sekolah islam terbaik.

  • Memiliki pengajaran yang berkualitas

Pengajaran yang berkualitas bisa dilihat dari kepiawaian para guru dalam mendidik anak-anak sesuai dengan pedoman agama Islam. Guru yang berkualitas akan dapat mengajar dengan baik serta mampu membimbing para siswa dalam belajar agama secara mendalam. Guru juga harus mampu menerapkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kurikulum yang sesuai dengan ajaran Islam

Tak hanya kurikulum pelajaran umum, sekolah islam terbaik tentu memasukkan pelajaran agama sebagai bagian yang sangat penting. Setiap pelajaran terintergrasi dengan nilai islami, mengedepankan pendidikan karakter berlandaskan islam (seperti kejujuran, kesederhanaan, dan tanggung jawab).

BACA JUGA : 3 Manfaat Menyekolahkan Anak ke Sekolah Islam

  • Suasana sekolah yang islami

Sekolah islam terbaik memiliki suasana sekolah islami. Seperti adanya program keagamaan (pembiasaan sholat berjamaah, kajian rutin, mengaji rutin), gaya berbusana sesuai syari’at islam, penetapan waktu sholat dll. Dengan kebiasaan lingkungan sekolah yang islami, siswa dapat memahami dan menginternalisasi ajaran agama.

  •  Adanya pemberdayaan siswa dalam menjalankan ajaran Islam di kehidupan sehari-hari

Sekolah Islam terbaik harus mampu memberikan siswa bekal pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang Islam sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang taqwa dan berintegritas. Selain itu juga harus memberikan ruang bagi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan seperti pengabdian masyarakat, bakti sosial, dan kegiatan-kegiatan pendidikan agama lainnya.

BACA JUGA : PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM UNTUK ANAK DI ERA MODERN

  • Kerjasama memperkuat nilai-nilai agama dan pendidikan islam

Sekolah islam terbaik juga harus mampu melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak. Orang tua harus diberikan pemahaman dan dukungan untuk menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari anak-anak mereka, terbuka dengan masukan dan saran dari masyarakat sekitar guna meningkatkan mutu pendidikan islam.

Dalam kesimpulannya, sekolah islam terbaik adalah sekolah yang memiliki pengajaran berkualitas, kurikulum yang sesuai dengan ajaran islam, suasana sekolah yang islami, pemberdayaan siswa dalam mempraktikkan ajaran agama, serta kerjasama yang baik antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Dengan adanya ciri-ciri tersebut, sekolah islam dapat memberikan pendidikan islam yang baik dan berkualitas, serta membantu siswa dalam memahami nilai-nilai agama dan menerapkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!