LPI HIDAYATULLAH- Seluruh umat islam telah memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1445 Hijriyah yang jatuh pada Rabu 19 Juli 2023.

Untuk mengawali tahun baru ini, kita sebagai umat islam tentu harus meningkatkan kualitas ibadah serta memperbanyak taubat kepada Allah SWT khususnya di bulan Muharram 1445 Hijriyah. Ada berbagai amalan-amalan di bulan Muharram yang bisa kita amalkan.

Ya, bulan Muharram merupakan bulan yang penuh kemuliaan. Bulan Muharram termasuk dalam empat bulan yang disucikan (bulan-bulan haram). Tiga bulan haram lainnya yakni Rajab, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah.

Hal ini sebagaimana terkandung dalam surat At Taubah ayat 36, Allah SWT melarang umatnya berbuat aniaya di keempat bulan haram tersebut dan akan memberikan sanksi dosa yang lebih berat jika ia berbuat maksiat dibanding hari lainnya.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ ٣٦

Artinya: ‘Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.” (QS At Taubah: 36)

Maka dari itu, hendaklah tingkatkan kualitas ibadah dengan melakukan amalan-amalan baik terutama di bulan Muharram 1445 Hijriyah ini. Lantas apa saja amalan-amalan yang bisa kita lakukan di bulan Muharram? Berikut penjelasannya.

  1. SALAT SUNNAH

Amalan pertama yang bisa kita lakukan di bulan Muharram adalah sholat sunnah. Diantaranya sholat sunnah tahajud, dhuha, qobliyah-ba’diyah, hingga sholat sunnah hajat.  Namun terdapat amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan karena memiliki keutamaan menghapus dosa-dosa yakni salat tasbih.

Syekh Said bin Muhammad Ba’asyin dalam kitab Busyral Karim bi Syarhi Masa’ilit Ta’lim menjelaskan keutamaan salat tasbih seperti yang disebutkan oleh Rasulullah sebagai wasilah mendapat ampunan dari Allah

علمها صلى الله عليه وسلم لعمه العباس، ذكر له فضلا عظيما فيها، منه “ولو كانت ذنوبك (مثل رمل عالج) لغفرها الله لك” وحديثها حسن.

“Rasulullah Saw mengajarkan Sayidina Abbas RA (pamannya) melaksanakan salat tasbih. Kepadanya, Rasulullah Saw menyebutkan keutamaan besar salat tasbih. Salah satunya adalah ampunan Allah Swt, bahkan kalau saja dosamu sebanyak gundukan pasir, niscaya Allah Swt akan mengampuni dosamu.”

Menurut Sayyid Muhammad Al-Maliki, diampuninya dosa-dosa dengan melakukan salat tasbih adalah dosa yang berkaitan dengan hak Allah bukan yang berkaitan dengan hak-hak manusia. Bahkan untuk mendapatkan keutamaan salat tasbih tersebut juga harus juga dibarengi dengan syarat-syarat bertaubat yang terdiri dari memohon ampunan, menyesali, dan tekad kuat untuk tidak mengulangi.

Berikut niat sholat sunnah tasbih:

Ushalli sunnatattasbiihi arba’a raka’aatin lillaahi ta’aala
Saya niat melaksanakan sholat sunnah tasbih empat rakaat semata-mata karena Allah ta’ala

atau

Ushalli sunnatattasbiihi arba’a rak’ataini lillaahi ta’aala
Saya niat melaksanakan sholat sunnah tasbih dua rakaat semata-mata karena Allah ta’ala

Seseorang yang melaksanakan shalat tasbih, setiap rakaat disunnahkan membaca tasbih

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم

Subhanallaahi wal hamdulillaahi wa laa liahaillallaahu wallaahuakbaru walaahaula walaaquwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adziim
“Maha suci Allah dan segala puji adalah milik-Nya. Tiada tuhan selain Allah, Dia-lah Dzat Yang Maha Besar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Dzat Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung”.

sebanyak 75 kali dengan rincian sebagai berikut :

  • Sesudah membaca surat al-fatihah dan surat lainnya 15 kali.
  • Ketika ruku’ sesudah membaca doa ruku’ 10 kali.
  • Ketika i’tidal sesudah membaca doa i’tidal 10 kali.
  • Ketika sujud sesudah membaca doa sujud 10 kali.
  • Ketika duduk di antara dua sujud sesudah membaca do’anya 10 kali.
  • Ketika sujud kedua sesudah membaca doanya 10 kali.
  • Ketika bangun dari sujud kedua (sewaktu duduk istirahat atau sesudah membaca tahiyyat sebelum salam) 10 kali.
  1. PUASA TASU’A DAN ASYURA

Amalan kedua adalah melaksanakan puasa sunnah Tasu’a pada 9 Muharram dan Asyura 10 Muharram. Puasa Tasu’a dan Asyura merupakan puasa yang tidak pernah ditinggalkan Rosullullah SAW.

Bahkan dalam hadist Imam Muslim disebutkan bahwa puasa di bulan Muharram adalah yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَرْفَعُهُ قَالَ سُئِلَ أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وَأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ فَقَالَ أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلَاةُ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرٍ رَمَضَانَ صِيَامُ شَهْرِ اللَّهِ الْمُحَرَّمِ

Artinya: Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Abdul Malik bin Umair dari Muhammad bin Al Muntasyir dari Humaid bin Abdurrahman dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu secara marfu’, ia berkata, Rasulullah pernah ditanya, “Salat apakah yang paling utama setelah salat wajib? Dan puasa apakah yang paling utama setelah puasa Ramadan?” Maka beliau menjawab, “Salat paling utama setelah salat wajib adalah salat di pertengahan malam dan puasa paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharram.” (HR.Imam Muslim).

Sementara itu, dalam kitab Ad-Dibaj ‘ala Shahih Muslim dijelaskan:

إنما كان صوم المحرم أفضل الصيام من أجل أنه أول السنة المستأنفة فكان استفتاحها بالصوم الذي هو أفضل الأعمال

“Puasa Muharram lebih utama dikarenakan awal tahun. Alangkah baiknya mengawali tahun baru dengan berpuasa, sebab puasa termasuk amalan yang paling utama”.

Nah, di bulan Muharram 1445 Hijriyah ini, puasa sunnah Tasu’a jatuh pada tanggal 27 Juli 2023 dan Asyura pada 28 Juli 2023. Berikut niatnya:

Niat Puasa Tasu’a

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatit Tasû‘â lillâhi ta‘âlâ.

Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala

  1. PERBANYAK DZIKIR

Amalan lain yang bisa kita lakukan di bulan Muharram adalah dzikir. Terutama  berdzikir di hari Asyura pada 10 Muharram. Berikut bacaan lengkap dzikir di hari Asyura agar Allah SWT senantiasa memberikan rahmat kepada kita.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ….. ١٠٠

Lailahailallah (100x)
Tiada tuhan selain Allah

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ….. ١٠٠

Allahumma salli ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala alihi wasahbihi wasallim (100x
Ya allah berikan rahmat serta keselamatan kepada junjungan kita nabi muhammad dan keluarga serta para sahabatnya

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ….. ١٠٠

Astaghfirullahal ‘adzim (100x)
Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ….. ١٠٠

Rabbana dzallamna anfusana wailam taghfirlama lanakunanna minalkhasirin (100x)
Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ….. ٤٥٠

Hasbunallah wani’mal wakil (450x)
Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ….. ٧٠

Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal mawlannashir (70x)
Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung dan penolong

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ….. ١٠٠٠

Rabbighfirli warhamni watub ‘alayya
Ya Tuhanku ampunilah aku, rahmatilah aku, dan terimalah taubatku.

  1. SEDEKAH

Amalan selanjutnya adalah perbanyak sedekah. Barangsiapa yang bersedekah terutama di hari Asyura, insyaAllah akan dilapangkan rezekinya oleh Allah SWT.

من وسع على عياله في يوم عاشوراء وسع الله عليه في سنته كلها

Artinya: “Orang yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura’ maka Allah akan melapangkan hidupnya pada tahun tersebut,” (HR At-Thabarani dan Al-Baihaqi).

  1. MENYANTUNI ANAK YATIM

Menyantuni anak yatim adalah perbuatan yang mulia. Allah SWT menjamin akan mengangkat derajat umatnya jika memberikan santunan kepada anak yatim, khususnya dibulan Muharram (hari Asyura)

Sebagaimana  dijelaskan dalam Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin, Rasulullah bersabda:

“…barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya”

Nah, itulah beberapa amalan-amalan di bulan Muharram yang bisa kita amalkan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan taubat kita di tahun baru Islam 1445 Hijriyah ini.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!