LPI HIDAYATULLAH SEMARANG– Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS 2022/2023 di lingkungan LPI Hidayatullah Semarang Yayasan Abul Yatama berjalan dengan lancar. 

Para siswa dan guru di lingkup PAUD, SD, SMP, hingga SMA Hidayatullah Semarang begitu antusias mengikuti MPLS 2022/2023 di hari pertama, Selasa 12 Juli 2022. 

Masing-masing jenjang sekolah memiliki beragam program MPLS untuk dikenalkan pada siswa-siswi baru LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang. 

Pada lingkup SMA Hidayatullah Semarang, kegiatan MPLS 2022/2023 digelar selama 3 hari yakni 12-14 Juli 2022. 

Menurut Kepala Sekolah SMA Hidayatullah Semarang, Ustadzah Etik Ningsih, S.Pd menyatakan kegiatan MPLS 2022/2023 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya para siswa bisa mengikuti MPLS secara offline usai pandemi Covid-19 berlangsung. 

” MPLS 2022/2023 ini ada banyak kegiatan mulai dari pemberian materi wawasan Wiyata Mandala, pengenalan visi-misi sekolah, sosialisasi kurikulum, pengenalan ekstrakulikuler, penguatan karakter hingga pembiasaan ibadah,” tutur Ustadzah Etik.

Tak hanya itu, di lingkup SMP Hidayatullah Semarang, kegiatan MPLS 2022/2023 juga digelar selama 5 hari. 

Ustadzah Ratna Arumsari selaku Kepala Sekolah SMP Hidayatullah Semarang menuturkan bahwa kegiatan MPLS 2022/2023 ini para guru akan mengenalkan pada siswa-siswi khususnya kelas 7 mengenai visi-misi sekolah, aturan sekolah, serta mengimplementasikan kurikulum merdeka. 

” Untuk kelas 8-9 itu anak-anak masuk ruang kelas masing-masing, ada pemberian materi oleh wali kelas. Para siswa juga menyusun organisasi kelas, pembiasaan dikelas dan sebagainya” ujar Ustadzah Ratna. 

“Kegiatan MPLS ini juga bertujuan agar merefresh kembali ingatan anak-anak dengan harapan semua kegiatan KBM nantinya bisa berjalan dengan lancar dan tujuan sekolah pun bisa tercapai,” sambungnya. 

Untuk lingkup SD Hidayatullah 1 dan 2,  siswa-siswi dan guru juga turut antusias mengikuti kegiatan MPLS 2022/2023.

Menurut Kepala Sekolah SD Islam Hidayatullah, Ustadzah R. Peni Raharjanti menyebutkan bahwa kegiatan MPLS 2022/2023 ini dipisahkan menjadi 2 bagian yakni kelas 1 A-D digelar diluar ruangan. Sedangkan kelas 2-6 berada di aula. 

” Kegiatannya seperti perkenalan warga sekolah, pembentukan pengurus kelas, mengulang kembali visi-misi sekolah agar mengingat dan mendukung terwujudnya visi-misi sekolah” tutur Ustadzah Peni. 

” Dalam mendukung tata tertib kami juga ingatkan kembali pada anak-anak apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan di lingkungan sekolah” sambungnya. 

Bukan hanya mengenalkan lingkungan sekolah dan tata tertib. Para siswa SD Islam Hidayatullah juga diingatkan cara beribadah sesuai syariat Islam hingga sosialisasi ekstrakulikuler. 

” Kami pun mengingatkan bagaimana tata cara sholat baik teori maupun simulasi. Seperti bacaan doa sholat, gerakan sholat. Kami juga sosialisasikan beragam jenis dan manfaat disetiap ekstrakulikuler yang ada di SD Islam Hidayatullah,”  kata Ustadzah Peni. 

” Kami juga ajarkan kepada anak-anak mengenai prosedur mobilitas disekolah, prosedur makan siang hingga toilet training” sambungnya.

Disisi lain, PAUD Islam Hidayatullah mengemas kegiatan MPLS 2022/2023 melalui permainan bounding yang diikuti oleh siswa-siswi PAUD bersama orang tua mereka. 

“Tujuannya untuk menciptakan kesan senang, bahagia bahwa sekolah itu menyenangkan,” ujar Ustadzah Nur’ain selaku Kepala Sekolah PAUD Islam Hidayatullah” 

” Anak-anak juga dapat perhatian khusus dari orang tua. Apalagi di hari pertama sekolah mereka didampingi orang tua dan mereka merasa diperhatikan” sambungnya.

Di lingkup PAUD Islam Hidayatullah sendiri, anak-anak juga diajarkan bagaimana berbaris dengan rapi, kegiatan makan siang disekolah yang sesuai dengan adab makan yang diajarkan Rasulullah. 

” Sebelum makan anak-anak diajarkan budaya antri, cuci tangan, budaya sehat, mengajari anak-anak mengambil makanan secara prasmanan, serta tanggung jawab menghabiskan makanan” pungkas Ustadzah Nur’ain. 

Itulah beragam kegiatan hari pertama pelaksanaan MPLS 2022/2023 di lingkungan LPI Hidayatullah Semarang Yayasan Abul Yatama. 

Adanya MPLS 2022/2023 ini dengan harapan agar sekolah lebih mudah mengajak para siswa untuk bersama-sama menjalankan seluruh aturan atau SOP yang berlalu di setiap unit LPI Hidayatullah Semarang Yayasan Abul Yatama***

This slideshow requires JavaScript.

By admin

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x