LPI HIDAYATULLAH- Kasus bullying remaja terus menjadi sorotan media. Ya, usia remaja memang rentan akan perilaku negatif. Apalagi didukung dengan adanya gadget/gawai, menjadikan remaja lebih mudah terpapar konten negatif hingga melakukan bullying di media sosial.

Seperti yang kita ketahui, di usia remaja anak masih mencari jati diri mereka. Untuk itu perlu beragam edukasi untuk  membentuk karakter dan kepribadian remaja.

Dalam rangka mengantisipasi hal ini, SMP Islam Hidayatullah Semarang menggelar seminar  bertajuk “Bijak Bergawai dan Anti Bullying” pada Selasa 18 Juli 2023 pukul 10.15-11.15 di Mushola SMP Islam Hidayatullah Semarang.

Materi seminar kali ini diisi oleh narasumber ahli yakni Dr. Arri Handayani, S.Psi., M.Si  selaku Dekan Fakultas Pendidikan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Dr. Arri Handayani, S.Psi., M.Si  selaku Dekan Fakultas Pendidikan Universitas PGRI Semarang memberikan materi dalam acara seminar bertajuk Bijak Bergawai dan Anti Bullying pada Selasa 18 Juli 2023 pukul 10.15-11.15 di Mushola SMP Islam Hidayatullah Semarang

Dalam kesempatan ini, Ibu Arri mengajak siswa-siswi SMP Islam Hidayatullah Semarang untuk  memanfaatkan gadget dengan baik dengan mengetahui dampak positif dan negatifnya.

“Bagaimana kita dapat hidup sehat dengan gadget di samping nilai positif dan negatif yang ditimbulkan,” tutur Ibu Arri

Beliau juga berpesan untuk menjauhi tindakan bullying lantaran mampu merusak mental seseorang

“Selain itu, perilaku bullying juga dapat merusak mental sejak dini dan seseorang yang mengalami bullying berpotensi menjadi pelaku bullying di kemudian hari sebagai imbas trauma yang dirasakan, pungkasnya,”

Seminar anti bullying ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 SMP Islam Hidayatullah Semarang  dan diadakan saat hari kedua MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang mengangkat tema Today is learner, Tomorrow is a leader. We are the Pancasila Youth Gold Generation of SPEISH.

Semoga melalui seminar bijak bergawai dan anti bullying ini mampu menambah pengetahuan, wawasan, meningkatkan kewaspadaan, menjadikan siswa bijak bermedia sosial, serta menjauhkan siswa dari perilaku bullying***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!