LPI HIDAYATULLAH- Acara Hubbul Qur’an dan Akhirussanah TK Islam Hidayatullah tahun ajaran 2022/2023 berjalan sukses dan meriah di Ruang Aula PAUD Islam Hidayatullah Semarang, Sabtu 10 Juni 2023 pukul 07.30-11.00 WIB.

Acara ini diikuti oleh seluruh siswa jenjang TK B di TK Islam Hidayatullah Semarang. Tak hanya itu, segenap pimpinan LPI Hidayatullah, pengurus Yayasan Abul Yatama, orang tua/wali murid beserta tamu undangan lainnya pun turut memeriahkan acara Hubbul Qur’an & Akhirussanah TK Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2022/2023.

Hubbul Qur’an & Akhirussanah ini digelar sebagai ajang bagi anak-anak TK Islam Hidayatullah Semarang untuk melatih kepercayaan diri mereka dalam menampilkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode UMMI.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah PAUD Islam Hidayatullah Semarang, Ibu Nur’ain, S.Pd menyampaikan bahwa anak-anak kelompok B di TK Islam Hidayatullah Semarang sebagian besar lulus ujian munaqosah metode UMMI.

“Kami melaporkan bahwa tahun ini(2022/2023) kelompok B di TK Islam Hidayatullah. Kami meluluskan 63 peserta didik. Dari 63 peserta didik yang sudah lulus munaqosah ada 43 peserta didik. Adapun yang lain, inshallah akan segera menyusul, karena nanti di SD mereka akan melanjutkan pembelajaran Al-Qur’annya,” tutur Ibu Nur’ain saat memberikan sambutan.

Bekerjasama dengan UMMI Foundation Surabaya, anak-anak kelompok B TK Islam Hidayatullah Semarang tampak antusias menampilkan kemampuan terbaiknya. Mulai dari hafalan surat pendek, hadist hingga doa harian.

“Selain surat-surat pendek, juga hafal hadist yaitu kurang lebih 10 hadist. Hafalan doanya ada 14 doa harian, macam-macam doa siap ditunjukan putra-putri kita,” tutur Ustadz Muh. Roghibi, M.Pd.I selaku perwakilan dari UMMI Foundation Surabaya saat membimbing langsung pelaksanaan Hubbul Qur’an & Akhirussanah, 10 Juni 2023.

Selain hafalan dan membaca Al-Qur’an metode UMMI, setiap kelas di kelompok B TK Islam Hidayatullah juga mempersembahkan penampilan sholawat dan nasyid.

Mulai dari lantunan sholawat “Burdah” oleh kelompok B1 (sholawat yang di dalamnya mengandung makna pujian, keutamaan dan keberkahan Nabi Muhammad SAW), sholawat “Sholli wa Sallim Daiman ‘Al ahmada”  oleh kelompok B2 yang menunjukkan kekaguman dan kasih sayang mereka kepada Nabi Muhammad SAW. Lalu ada lantunan sholawat “Busyro” (didalamnya mengandung pujian kepada Nabi Muhammad SAW) oleh kelompok B3 dan kelompok B4 yang membawakan lagu “Rahmatullillalamin” (dipopulerkan oleh Maher Zain)

Melalui penampilan sholawat dan nasyid di acara Hubbul Qur’an ini, TK Islam Hidayatullah Semarang berhasil menggambarkan syiar Islam kepada anak-anak. Keterlibatan anak-anak dalam acara inipun juga menjadi wadah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang seni Islami sehingga harapannya mampu menumbuhkan kecintaan anak-anak pada Al-Qur’an dan Islam.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!