LPI HIDAYATULLAH- Sekolah penggerak merupakan program pemerintah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.  Ada beragam manfaat dari program sekolah penggerak. Lantas apa saja manfaatnya?

Program Sekolah Penggerak diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai upaya untuk mendukung program Indonesia Menuju Sekolah Unggul yang telah dicanangkan pemerintah.

Program ini dirancang untuk membantu sekolah-sekolah yang teridentifikasi memiliki tantangan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan adanya bantuan dari Sekolah Penggerak, sekolah-sekolah tersebut dapat membentuk tim penggerak yang akan membantu meningkatkan kualitas sekolah. Tim ini terdiri dari guru-guru berpengalaman dan berkompeten yang akan memberikan dukungan kepada sekolah-sekolah dalam pengembangan kurikulum, metode pengajaran, manajemen sekolah, dan peningkatan kualitas guru.

BACA JUGA : 5 Ciri Sekolah Islam Terbaik

Selain itu, Sekolah Penggerak juga memberikan pelatihan dan bimbingan kepada guru-guru di sekolah yang tergabung dalam program ini. Guru-guru akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan terkait teknik mengajar yang inovatif dan efektif. Mereka juga akan diajarkan cara menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah proses pengajaran.

Sekolah Penggerak juga memberikan akses terhadap sumber belajar yang berkualitas tinggi bagi sekolah-sekolah yang tergabung dalam program ini. Sumber belajar tersebut meliputi buku-buku referensi, perangkat elektronik, dan materi pembelajaran yang up-to-date. Dalam lingkungan pendidikan yang berkualitas, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan mencapai prestasi yang lebih baik.

BACA JUGA : TK Islam Nurus Sunnah Studi Tiru ke PAUD Islam Hidayatullah

Kesimpulan

Sekolah Penggerak adalah sebuah program inovatif yang memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini memberikan bantuan, pelatihan, dan akses terhadap sumber belajar yang berkualitas bagi sekolah-sekolah yang berada di bawah standar. Dengan adanya program ini, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkat serta memiliki dampak positif pada masyarakat dan perekonomian negara. Oleh karena itu, perlu upaya kolaboratif antara pemerintah, sekolah, guru, dan masyarakat untuk mendukung dan menjalankan program ini dengan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!