LPI HIDAYATULLAH- SD Islam Hidayatullah menggelar ujian Munaqosyah tartil dan tahfidz juz 1,2,3,5 dan 30 pada Rabu dan Kamis, 22-23 Februari 2023 di Mushola SD Islam Hidayatullah.

Munaqosyah merupakan ujian akhir dari pembelajaran Al-Quran metode UMMI.   Sesuai standart dari UMMI Foundation, siswa yang sudah menyelesaikan dan menguasai materi dengan baik dapat mengikuti Munaqosyah dan memperoleh sertifikat.

Pelaksanaan ujian Munaqosyah ini diuji langsung oleh tim dari UMMI Foundation dan QLC Hidayatullah, dengan diketuai oleh Ustadz Syamsul Hadi M.Pd.I dari UMMI Foundation.

Total sebanyak 167 siswa tampak tertib mengikuti berbagai tahapan ujian Munaqosyah. Diantaranya ujian tartil sebanyak 94 siswa dan tahfidz (juz 1,2,3,5, 30) sebanyak 73 siswa.

Munaqasyah tartil merupakan ujian bagi siswa yang telah menyelesaikan mengaji UMMI Jilid 1-6, Al-Qur’an, ghorib dan tajwid. Adapun yang diujikan berupa Fashohah, tartil, tajwid, ghorib, hafalan panjang dan hafalan pendek.  Sedangkan Munaqasyah tahfiz adalah setor hafalan sekali duduk, minimal juz 30.

Pelaksanaan Munaqosyah metode UMMI ini dirasa penting sebagai tolok ukur keberhasilan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dalam rangka mendukung salah satu jaminan mutu lulusan SD Islam Hidayatullah yakni menjadikan siswa mahir membaca Al-Qur’an.

Nah sebelum ujian Munaqosyah dimulai, seluruh siswa berkumpul di Mushola SD Islam Hidayatullah untuk mengikuti acara pembukaan Munaqosyah (Rabu 22 Februari 2023). Acara ini dibuka dengan tahfidz Al-Qur’an bersama-sama. Disusul dengan sambutan-sambutan ( dari Kepala Sekolah, Kadiv QLC Hidayatullah serta perwakilan dari UMMI Foundation) dan doa penutup.

Dalam sambutannya, Kepala SD Islam Hidayatullah Semarang, Ibu Robiah Peni Raharjanti S.Si berharap peserta Munaqosyah diberikan kelancaran dan mendapat hasil terbaik.

“ Semoga anak-anak bisa menjalani ujian Munaqosyah ini dengan lancar, tunjukan kemampuan kalian, semoga anak-anaku sekalian bisa mendapat nilai ujian yang bagus, terbaik ” ujar Ibu Peni.***

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!