LPI HIDAYATULLAH- Di era modern ini, perkembangan teknologi begitu pesat dan nilai-nilai tradisional seringkali terabaikan. Bahkan seringkali kita jumpai fenomena minimnya adab generasi muda saat ini.

Adab, atau tata krama dalam berinteraksi dengan orang lain, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengajarkan adab sejak dini kepada anak-anak mereka.

Lantas apa pentingnya adab di era modern ini? dan bagaimana cara yang perlu dilakukan orang tua agar anak-anak mereka memiliki adab? Berikut penjelasannya.

1. Menjaga Etika di Era Digital

Era modern ini, anak-anak rentan terpapar konten negatif yang tidak sesuai dengan nilai-nilai adab. Kemudahan akses konten di internet jauh lebih mudah mempengaruhi karakter anak. Pasalnya, anak lebih cepat merekam dan meniru perilaku dari konten yang mereka lihat.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mengawasi dan mengontrol akses anak-anak terhadap teknologi. Mereka harus diajarkan tentang etika menggunakan media sosial, menjaga privasi, dan menghormati orang lain dalam dunia maya.

2. Memberi Contoh yang Baik

Tak hanya teknologi, anak-anak juga cenderung meniru perilaku orang tua mereka. Lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama dan utama pembentuk adab anak. Oleh karena itu, para orang tua harus memberikan contoh yang baik dalam berinteraksi dengan anak maupun orang lain. Sikap saling menghormati, bersikap sopan, dan memperlakukan orang lain dengan baik adalah contoh perilaku adab yang seharusnya ditunjukkan oleh orang tua.

3. Memberikan Pengertian Mengenai Adab

Anak-anak perlu tahu mengapa adab penting dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana adab dapat membantu mereka dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak dan berikan contoh konkret dari situasi sehari-hari.

4. Membimbing dengan Sabar dan Pengertian

Mungkin anak-anak tidak selalu memahami atau menerapkan adab dengan sempurna. Ada yang pernah melakukan kesalahan atau terkadang bertindak kurang sopan. Dalam hal ini, orang tua perlu bersikap sabar dan memberikan bimbingan dengan penuh pengertian. Berbicaralah dengan lembut dan ajarkan mereka dengan kasih sayang.

5. Ajarkan Anak Untuk Menghargai Keanekaragaman Budaya dan Agama

Di dunia yang semakin global ini, orang tua perlu mengajarkan anak-anak mereka untuk menghargai keanekaragaman budaya dan agama. Ini termasuk mengajarkan tentang berbagai tradisi, norma, dan nilai-nilai adab yang berbeda-beda di berbagai budaya dan agama. Dengan memahami dan menghormati perbedaan ini, anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang lebih toleran dan menghargai keberagaman dalam masyarakat.

6. Memberi Kesempatan Anak untuk Berinteraksi dengan Orang Lain

Memberi kesempatan kepada anak-anak untuk berinteraksi dengan orang lain, termasuk dengan teman sebayanya, anggota keluarga yang lebih tua, atau tetangga, dapat membantu mereka belajar tentang etika sosial dan adab dalam berkomunikasi dengan orang lain.

7. Memilih Sekolah yang Mengedepankan Adab

Pengaulan anak dan lingkungan sekolah juga sangat mempengaruhi adab dan karakter anak. Pasalnya sekolah merupakan lingkungan kedua pembentukan karakter dan kepribadian anak. Untuk itu orang tua harus lebih selektif menitipkan/menyekolahkan anak mereka. Jangan sampai lingkungan sekolah anak-anak kita minim adab. Pilihlah sekolah yang mengedepankan adab, akhlakul karimah dan nilai-nilai agama.

Salah satunya Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah. Ya, kami merupakan sekolah swasta berbasis islami yang mengedepankan pembentukan adab anak-anak. Hidayatullah Semarang merupakan one roof education (PAUD-SD-SMP-SMA) yang memiliki visi “Membangun Generasi GOLD (Genius-Obedient-Lead- Dynamic) menuju Insan Khoiru Ummah. Kami juga telah memanfaatkan teknologi digital (IPAD Class, LCD/proyektor, WI-FI) dalam mendukung pembelajaran siswa.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!