LPI HIDAYATULLAH- Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembentukan karakter dan masa depan generasi muda. Di suatu lembaga pendidikan atau sekolah, kunjungan ulama atau orang-orang yang memiliki keilmuan agama dan spiritualitas tinggi tentu memiliki peran penting.

Kunjungan ulama ke sekolah juga dinilai mampu memperkuat dimensi spiritual dan moral, hingga memberikan pengaruh positif dalam proses belajar-mengajar siswa.

Nah, berikut peran penting kunjungan ulama ke sekolah terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan;

1. Sumber Inspirasi bagi Guru dan Siswa

Kunjungan para ulama dapat menjadi sumber inspirasi bagi guru dan siswa dalam dunia pendidikan.

Keteladanan mereka dalam pengetahuan agama, akhlak yang baik, dan dedikasi terhadap ilmu dapat memotivasi guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan secara keseluruhan.

Sebagaimana dalam hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.”

Kehadiran ulama juga dapat menjadi inspirasi bagi siswa dalam beribadah. Contoh dari orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah dan menjalankan ajaran agama dengan sungguh-sungguh dapat mendorong siswa untuk lebih giat dalam melaksanakan ibadah.

2. Memberikan Nasihat Pendidikan

Para ulama yang memiliki pemahaman agama yang mendalam dapat memberikan nasihat yang berharga tentang pendidikan yang baik dan bermanfaat. Dengan wawasan mereka tentang ajaran agama, mereka dapat membantu merumuskan pendekatan pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan spiritual.

3. Pembentukan Karakter yang Baik

Kunjungan ulama membantu dalam pembentukan karakter siswa yang baik. Nasihat dan bimbingan dari mereka mengenai etika, kesopanan, dan sikap yang baik dapat membentuk kepribadian yang mulia dan berakhlak luhur.

Ulama juga mewarisi sifat-sifat Nabi, seperti jujur dan dapat dipercaya, menyampaikan kebenaran untuk menghadirkan Rahmatan Lil ‘Alamin.

4. Doa yang Makbul

Doa para ulama atau orang-orang sholeh diyakini memiliki makna yang lebih mendalam karena kesuciannya dan kemuliaannya di hadapan Allah SWT. Doa dari orang yang saleh memiliki potensi untuk dikabulkan Allah SWT jika disertai dengan niat yang tulus.

Dari Anas bin Malik ra., Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

مَا أَنْفَقَ اللَّهُ مِنْ عِلْمٍ أَوْ مَالٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا أَعْطَاهُ بِهِ أَجْرًا عَلَى قَدْرِ نِيَّتِهِ

Artinya: “Allah tidak memberikan suatu ilmu atau harta yang diinfakkan di jalan-Nya, kecuali Dia akan memberikan pahala berdasarkan niatnya.” (HR. Bukhari)

Nah, adanya doa untuk kesuksesan dalam proses pembelajaran, perlindungan dari kesulitan, dan kesejahteraan bagi seluruh komunitas sekolah adalah berkah yang sangat diharapkan dari kunjungan ulama ke sekolah.

5. Memperkuat Dimensi Spiritual

Kualitas pendidikan yang holistik tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada dimensi spiritual siswa. Doa dan nasihat dari para ulama dapat membantu memperkuat dimensi spiritual dalam proses pembelajaran, yang dapat berkontribusi pada perkembangan karakter siswa.

6. Penguatan Nilai-Nilai Etika

Kunjungan para ulama dapat membantu memperkuat nilai-nilai etika di sekolah. Dengan memberikan ceramah dan pengajaran yang berfokus pada integritas, kesopanan, dan sikap menghormati, para ulama dapat memberikan panduan etika yang bermanfaat bagi siswa.

7. Mengatasi Tantangan dalam Pendidikan

Dalam perjalanan pendidikan, tentu akan ada tantangan dan kesulitan yang dihadapi. Doa para ulama dan nasihat mereka dapat memberikan dukungan moral dan spiritual dalam menghadapi tantangan tersebut.

8. Mengembangkan Sikap Toleransi

Kunjungan ulama dari berbagai latar belakang agama dapat memperkuat sikap toleransi dan saling menghormati dalam komunitas sekolah. Hal ini penting dalam mendorong lingkungan yang inklusif dan harmonis.

9. Menjalin Kolaborasi

Kunjungan ulama juga dapat membuka pintu kolaborasi antara lembaga pendidikan dengan lembaga keagamaan. Kolaborasi ini dapat memperkaya kurikulum dan pembelajaran dengan perspektif agama yang lebih mendalam.

Dengan kehadiran ulama yang memberikan doa, nasihat, serta inspirasi bagi sekolah tentu dapat menjadikan sekolah tempat yang lebih baik untuk belajar dan tumbuh secara akademis dan spiritual.

Kunjungan dan doa para ulama dapat membawa berkah terutama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang berorientasi pada kebaikan, keadilan, dan pengembangan karakter siswa.

Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Senantiasa Menjalin Hubungan Baik dengan Para Ulama

Dalam hal ini, dalam upaya memperkuat ilmu agama dan dimensi spiritual para guru, karyawan maupun siswa, Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Semarang senantiasa menjalin hubungan baik dengan para ulama di Indonesia.

Seperti halnya pada Sabtu 22 Juli 2023 kemarin, rombongan Habib Sholeh Al Jufri dari Solo juga berkunjung ke Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang. Kunjungan Habib Sholeh Al Jufri dalam rangka mendoakan proses pembangunan SD Islam Hidayatullah 02 Semarang agar berjalan lancar dan mendapat keberkahaan dari Allah SWT.

Tak hanya itu, ulama lain seperti Buya Yahya, Ustadz Abdul Somad, Taufiqurrahman dan ulama besar lainnya juga pernah bersilaturahmi ke Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang.

Setiap Sabtu segenap pengabdi Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang juga mendapatkan pembinaan dengan mengundang ulama-ulama Semarang untuk memberikan tausiyah dan ilmu agama.

Kunjungan ulama ke sekolah ini dengan harapan  para pengabdi Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah (PAUD, SD, SMP, SMA Islam Hidayatullah Semarang) mampu menjunjung tinggi akhlakul karimah dan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-harinya. Aamiin***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!