LPI HIDAYATULLAH- Memilih sekolah yang terbaik untuk anak tentu menjadi prioritas utama bagi orang tua. Apalagi di era modern ini, dunia pendidikan dimudahkan dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang membantu anak mempelajari apa saja ilmu yang mereka butuhkan.

Dalam menghadapi tantangan masa depan, anak-anak juga harus didik sesuai dengan zamannya. Bahkan dalam hadist riwayat Ali Bin Abi Thalib disebutkan bahwa “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”.

Maka dari itu ditengah gempuran teknologi modern ini, para orang tua harus memilih pendidikan  yang tidak hanya mengikuti perkembangan zaman saja, melainkan harus didasari dengan nilai-nilai pendidikan Islam.

Nah, berikut adalah beberapa alasan mengapa pendidikan Islam penting bagi anak:

  1. Menjaga Anak dari Paparan Negatif Dunia Digital: Dalam era teknologi dan digital, anak-anak terpapar dengan berbagai informasi dan risiko yang belum pernah ada sebelumnya. Pendidikan islam dapat membantu mereka memahami etika dalam penggunaan teknologi, menjaga privasi, dan menghindari dampak negatif dari media sosial.
  2. Pembentukan Akhlak Mulia: Pendidikan islam membantu membentuk akhlak mulia dan moral yang baik pada anak-anak. Ajaran-ajaran islam mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, toleransi, kasih sayang, dan tanggung jawab.
  3. Pembentukan Identitas Keagamaan: Pendidikan islam membantu anak-anak memahami identitas keagamaan mereka, memperkuat keyakinan dan penghayatan terhadap ajaran Islam, serta mengajarkan mereka bagaimana menjalani hidup sebagai seorang Muslim/ Muslimah yang bertanggung jawab.
  4. Pengembangan Pengetahuan Agama: Pendidikan islam memberikan pengetahuan mendalam tentang ajaran agama islam, termasuk pemahaman tentang Al-Qur’an, hadis, fiqh (hukum Islam), hingga sejarah islam.
  5. Pengembangan Keterampilan Akademik: Pendidikan islam juga mencakup pengembangan keterampilan akademik seperti membaca, menulis, berbicara, dan berpikir kritis dalam konteks agama. Ini membantu anak-anak menjadi individu yang berpengetahuan dan berpikiran terbuka.
  6. Memberikan Pedoman Hidup: Pendidikan islam memberikan pedoman dan prinsip-prinsip untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Anak-anak dapat belajar bagaimana menghadapi tantangan, mengambil keputusan yang bijaksana, dan berinteraksi dengan masyarakat dengan baik.

Nah, itulah beberapa alasan pentingnya pendidikan islam untuk anak di era modern ini. Dengan semua perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan teknologi, pendidikan Islam tetap memberikan landasan yang kuat bagi anak-anak dalam menghadapi tantangan dan menjalani hidup dengan bijak, etis, dan bermakna. Dengan memilih sekolah islam untuk pendidikan anak, diharapkan mampu membimbing anak-anak kita mempersiapkan bekal bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Turut Mengedepankan Teknologi Digital & Nilai-Nilai Islam

Melalui perpaduan antara teknologi digital dan nilai-nilai pendidikan Islam yang kokoh, Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah ( PAUD, SD, SMP, SMA, TPQ, Madin) membawa pengalaman pembelajaran yang modern namun tetap mengakar dalam nilai-nilai keagamaan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan generasi unggul yang tidak hanya mahir dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan kesadaran spiritual yang kuat.

Hal ini tentu sesuai dengan misi sekolah kami yakni “Membangun Generasi GOLD (Genius, Obedient, Lead and Dynamic) Menuju Insan Khoiru Ummah”.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!