LPI HIDAYATULLAH- Kamis 17 Agustus 2023, seluruh warga Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78. Ya, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 ini tentu memiliki peran penting bagi bangsa Indonesia. Tak terkecuali para pelajar.

Bagi pelajar, memaknai Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 seharusnya bukan sekedar merayakan peristiwa bersejarah saja. Melainkan, mampu memahami nilai-nilai Kemerdekaan serta melaksanakan tanggung jawab demi kemajuan bangsa dan negara.

Nah, masih banyak peran penting lainnya yang harus dimainkan para pelajar Indonesia dalam memaknai Kemerdekaan Indonesia ke 78. Berikut penjelasannya:

  1. Memahami dan Menghargai Sejarah

Pertama, sebagai pelajar Indonesia dirasa penting untuk memahami dan mendalami sejarah Kemerdekaan Indonesia. Para pelajar perlu tahu akan peristiwa-peristiwa penting Kemerdekaan Indonesia, siapa saja pahlawan-pahlawan Nasional yang berjuang dalam meraih Kemerdekaan hingga nilai-nilai perjuangan apa saja yang harus  dihargai dan diwariskan kepada generasi berikutnya.

  1. Mengembangkan Kebanggaan Nasional

Yang kedua, pelajar juga harus bangga akan identitas nasional dan keberagaman budaya Indonesia. Pelajar bisa turut serta mengapresiasi warisan budaya, bahasa, adat istiadat, dan kekayaan alam yang ada di negara ini. Misalnya: di era gempuran budaya Korea, Jepang, hingga Barat yang masuk ke negara Indonesia, kita para pelajar Indonesia harus senantiasa menggunakan dan melestarikan budaya kita sendiri. Baik dari segi Bahasa Indonesia, pakaian adat Indonesia, makanan khas Indonesia, lagu Indonesia dan sebagainnya.

  1. Mempelajari Nilai-Nilai Kemerdekaan

Selanjutnya yang ketiga adalah mempelajari nilai-nilai Kemerdekaan. Ya, pelajar Indonesia haru paham akan nilai-nilai dasar Kemerdekaan seperti demokrasi, keadilan, persatuan, dan kemandirian. Dengan mempelajari hal ini, mampu menjadikan kita sebagai pelajar ataupun warga negara yang menjunjung tinggi tanggung jawab dan sadar akan hak dan kewajiban kita.

  1. Berpartisipasi dalam Kegiatan Pendidikan dan Budaya

Keempat, kita para pelajar dapat ikut serta dalam kegiatan pendidikan dan budaya selama memperingati Kemerdekaan. Misalnya menjadi peserta diskusi, lokakarya, maupun berkontribusi dalam pameran (sejarah, budaya, dan perkembangan Indonesia).

  1. Menjaga Persatuan dan Toleransi

Kelima adalah pelajar perlu mengerti pentingnya persatuan dan toleransi dalam sebuah bangsa yang beragam. Mereka dapat berperan dalam mencegah konflik dan meningkatkan pemahaman antar kelompok masyarakat.

  1. Berpartisipasi dalam Aksi Sosial dan Lingkungan

Yang keenam adalah pelajar dapat mengambil inisiatif dalam aksi sosial. Seperti membantu masyarakat kurang mampu atau melakukan kegiatan lingkungan untuk mewujudkan nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia.

  1. Mengembangkan Kemampuan dan Bakat

Nah yang ketuju, pelajar dapat mengasah bakat dan kemampuan di berbagai bidang seperti seni, olahraga, teknologi, dan ilmu pengetahuan. Dengan berkembangnya bakat dan kemampuan, mereka dapat berkontribusi lebih besar dalam membangun Indonesia di masa depan.

  1. Menggunakan Teknologi dan Media dengan Bijak

Peran kedelapan adalah pelajar perlu menggunakan teknologi dan media sosial dengan bijak. Mereka dapat memanfaatkan platform ini untuk menyebarkan pesan positif, mempromosikan nilai-nilai kebangsaan, dan menghindari konten yang merusak atau memecah belah persatuan. Misalnya hindari konten berbau SARA, pornografi hingga kekerasan. Hal ini bisa merusak pikiran, merusak akhlak dan memicu konflik antar masyarakat.

  1. Menggali Potensi Diri untuk Masa Depan Bangsa

Peran kesembilan, pelajar adalah generasi penerus yang akan membawa Indonesia ke depan. Mereka harus mengembangkan potensi diri, meraih pendidikan yang baik, dan mempersiapkan diri untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

  1. Berpartisipasi dalam Pembangunan Berkelanjutan

Nah yang terakhir, pelajar dapat terlibat dalam inisiatif yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Seperti lingkungan yang bersih dan sehat, serta ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Itulah 10 peran penting pelajar dalam memaknai Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 ini. Semoga dengan mengambil peran tersebut, pelajar Indonesia mampu memberikan makna yang lebih dalam pada peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 serta membantu membentuk generasi bangsa yang lebih kuat, berdaya saing, dan bermartabat.Aamiin.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!