LPI HIDAYATULLAH- Hari pertama pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tahun ajaran 2023 /2024 di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang berjalan lancar, Senin 17 Juli 2023.

Ya, MPLS merupakan kegiatan pengenalan aktivitas, budaya sekolah, lingkungan hingga sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Kegiatan ini rutin diadakan seluruh unit LPI Hidayatullah Semarang di tiap semester untuk mengawali tahun ajaran baru.

Nah pada hari ini (17/07/2023), seluruh unit di LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang baik itu PAUD, SD, SMP hingga SMA Islam Hidayatullah mengadakan MPLS dengan beragam kegiatan.

Penasaran seperti apa keseruan anak-anak mengikuti MPLS di hari pertama mereka bersekolah? Yuk intip keseruan kegiatan MPLS di tiap unit LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang.

SMA Islam Hidayatullah

Mengawali tahun ajaran baru 2023 /2024, SMA Islam Hidayatullah Semarang menggelar upacara bendera dan pembukaan MPLS. Di pagi yang cerah ini, seluruh guru, karyawan dan siswa- siswi SMA Islam Hidayatullah kelas X, XI, XII tampak mengikuti upacara bendera dengan khitmad.

Namun ada yang spesial dalam upacara kali ini. Di sela amanat pembina upacara, Kepala Sekolah SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd menerbangkan balon sebagai symbol pembukaan MPLS bagi siswa baru SMA Islam Hidayatullah Semarang.

“ Balon ini akan terbang tinggi, setinggi cita-cita kalian. Semoga Allah SWT mempermudah kalian dalam mewujudkannya,” tutur beliau.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan kegiatan MPLS lainnya. Untuk siswa-siswi kelas XI dan XII mengikuti pembinaan wali kelas di kelas masing-masing. Sementara untuk kelas X mengikuti MPLS di Aula SMA Islam Hidayatullah.

SMP Islam Hidayatullah

Tidak jauh berbeda dengan SMA. SMP Islam Hidayatullah Semarang juga mengawali hari pertama sekolah dengan melangsungkan upacara bendera di lapangan. Kemudian seluruh siswa kelas 8 dan 9 mengikuti pembinaan wali kelas di kelas masing-masing. Sedangkan kelas 7 tampak berkumpul di Mushola SMP Islam Hidayatullah untuk mengikuti pembukaan MPLS oleh Kepala Sekolah SMP Islam Hidayatullah, Ibu Ratna Arumsari, S.S.

Dalam kesempatan ini, Kepala Sekolah SMP Islam Hidayatullah menyambut siswa baru dengan penuh gembira. Beliau berharap kedepannya setelah menempuh pendidikan di SMP Islam Hidayatullah Semarang akan menjadi generasi berakhlak mulia dan berguna bagi Bangsa dan Negara

“Alhamdulillah kita sudah memasuki tahun ajaran baru 2023 /2024. Selamat datang dan selamat bergabung di SMP Islam Hidayatullah Semarang. Semoga anak-anak tumbuh menjadi anak sholeh sholehah, mandiri, berprestasi dan membanggakan orang tua serta berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama,” tuturnya.

Selain sambutan, Ibu Ratna juga memberikan co card kepada siswa baru SMP Islam Hidayatullah sebagai symbol peserta MPLS tahun ajaran 2023 /2024. Disamping itu, seluruh siswa baru SMP Islam Hidayatullah juga dikenalkan mengenai visi-misi sekolah, diberikan tugas oleh tim OSIS serta pengenalan wali kelas dan SOP akademik maupun non akademik di kelas masing-masing.

SD Islam Hidayatullah 01 dan 02

Selanjutnya SD Islam Hidayatullah Semarang 01. Hari pertama sekolah, seluruh siswa mengikuti MPLS di kelas dan mushola. Pelaksanaan MPLS 2023 /2024 ini mengambil tema “Sopan Sikapku, Santun Bicaraku,”

Seluruh siswa berkumpul di Mushola SD Islam Hidayatullah. MPLS 2023 ini dibuka langsung oleh Kepala SD Islam Hidayatullah, Ibu Peni Rahardjanti, S.Si. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, pembacaan tahfidz. pengarahan Kepala Sekolah serta pengarahan Waka kesiswaan.

Setelah itu, anak-anak menuju kelas masing-masing. Dalam kesempatan ini, anak-anak diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri satu persatu, diadakan pengenalan wali/pendamping kelas, pembentukan struktur organisasi, hingga penyusunan SOP kelas.

Sedangkan di SD Islam Hidayatullah 02, pelaksanaan MPLS tahun ajaran 2023 /2024 ini mengangkat tema “Belajar, Bermain, dan Bergembira!”. Anak-anak sholih- sholihah dikenalkan lingkungan sekolah. Kemudian di ruang kelas, mereka diajak untuk saling memperkenalkan diri, diadakan pengenalan wali kelas/pendamping, SOP kelas, pembentukan struktur organisasi kelas dan sebagainya.

PAUD Islam Hidayatullah

Lain halnya dengan PAUD Islam Hidayatullah. Pada pagi ini (17/7/2023) pukul 08.00-10.30 WIB, seluruh siswa TK A, TK B dan KB Islam Hidayatullah Semarang tampak bersemangat berbaris sesuai kelasnya di plataran Kampus PAUD Islam Hidayatullah Semarang.

Di hari pertama sekolah, anak-anak begitu antusias dan ceria mengikuti serangkaian acara pembukaan MPLS tahun ajaran 2023 /2024. Mengawali pagi ini, Kepala PAUD Islam Hidayatullah, Ibu Nur’ain, S. Pd mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa PAUD Islam Hidayatullah. Beliau juga terimakasih atas kehadiran orang tua/wali yang telah meluangkan waktunya untuk mendampingi putra-putrinya di hari pertama MPLS.

Usai pembukaan, tibalah waktunya untuk seru-seruan. Di hari pertama MPLS, anak-anak PAUD Islam Hidayatullah (TK A, TK B maupun Kelompok Bermain/KB) akan memainkan beragam jenis game didampingi orang tua mereka. Nah berikut rangkaian permainannya:

  1. Menjiplak tangan (tanganku hebat)
  2. Menggelindingkan bola (di atas meja miring)
  3. Meluncurkan geometri (bentuk-bentuk)
  4. Memasukkan bola dalam keranjang
  5. Memindahkan bola (anak masuk dalam hula hoop)
  6. Tongkat bola (menjepit bola dengan tongkat)

Keceriaan, kekompakaan dan kerjasama anak dengan orang tua pun terlihat saat mencoba satu-persatu permainan yang ada. Setelah selesai bermain, anak-anak istirahat dan makan bersama berbaur dengan teman sepermainannya.

Itulah keseruan MPLS di PAUD Islam Hidayatullah semoga kegiatan ini bisa menjadikan anak-anak sholih sholihah bisa mengenal lingkungan sekolah mereka sekaligus sebagai sarana interaksi positif antar anak dengan orang tua.

Wah, gimana nih seru bukan kegiatan MPLS tahun ajaran 2023 /2024 di seluruh unit LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang?  Semoga pelaksanaan MPLS hari berikutnya dapat berjalan lancar sehingga anak-anak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menggali potensi diri, mandiri, serta meningkatkan interaksi positif antar siswa dengan warga sekolah. Aamiin. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!