LPI HIDAYATULLAH- SMP Islam Hidayatullah Semarang kedatangan tamu Studi Banding dari SMP Al Falah Assalam Sidoarjo, Kamis 22 Juni 2023.

Segenap pimpinan LPI Hidayatullah, Yayasan Abul Yatama, Kepala Sekolah, beserta guru-guru SMP Islam Hidayatullah menyambut antusias kedatangan rombongan SMP Al Falah Assalam Sidoarjo

Studi Banding pun berjalan lancar dan meriah. Namun, ada yang berbeda dari acara Studi Banding ini. Ya, seluruh rombongan SMP Al Falah Assalam Sidoarjo disuguhkan pertunjukan drama kolosal “Pertempuran 10 November” yang berlangsung di lapangan SMP Islam Hidayatullah Semarang.

Pagelaran drama yang diperankan siswa-siswi kelas 8B SMP Islam Hidayatullah Semarang ini merupakan projek akhir mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia. Seluruh tamu Studi Banding pun takjub dan terhibur melihat persembahan menarik anak-anak SMP Islam Hidayatullah Semarang.

Pagelaran drama yang diperankan siswa-siswi kelas 8B SMP Islam Hidayatullah Semarang ini merupakan projek akhir mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia. Dipersembahkan khusus untuk tamu dari SMP Al Falah Assalam Sidoarjo, Kamis 22 Juni 2023

Selain drama, rombongan tamu SMP Al Falah Assalam juga melihat persembahan gelar karya P5 Kewirausahaan oleh siswa-siswi kelas 7 SMP Islam Hidayatullah Semarang dengan tema “Young Entrepreneur”.

Pertunjukan pun usai, seluruh tamu SMP Al Falah Assalam Sidoarjo memasuki ruang pertemuan. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan Ketua SMP Al Falah Assalam Sidoarjo, sambutan Sekretaris Yayasan Abul Yatama, sambutan dari Kepala Sekolah serta pemutaran video profile SMP Islam Hidayatullah Semarang.

Ketua SMP Al Falah Assalam, Ustadz Muhammad Ma’ruf, S.Pd menuturkan bahwa kedatangan mereka ke SMP Islam Hidayatullah ingin tahu penerapan dan metode pembelajaran Al-Qur’an di SMP Islam Hidayatullah Semarang

“Disini kami ingin tau bagaimana mengelola anak-anak, mengelola nuansa pembelajaran khususnya Al-Qur’an agar Al-Qur’an kami, anak-anak kami itu bisa lebih bermanfaat dan kami mengelolanya juga mudah,” tutur Ustadz Ma’ruf.

“Saat kami ingin menimba ilmu, kemudian tim kami melihat di Internet itu ternyata yang nongol pertama dan yang terbaik itu Hidayatullah Semarang. Dan dari searching google Hidayatullah Semarang itu, Pak Eko tim kami bilang ke saya ustadz cocok ini,” tambah beliau.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif Yayasan Abul Yatama, Ustadz Edrus, S.Ag menjelaskan bahwa pihak Yayasan & Lembaga senantiasa menjalin hubungan baik dengan Lembaga/Yayasan lainnya.

“Kami selalu berhubungan baik dengan Al Falah. Apa yang perlu didiskusikan mari kita diskusikan sama-sama. Paling tidak visi misi kita hampir sama,” ujar Ustadz Edrus.

Ustadz Edrus menambahkan, Yayasan Abul Yatama Semarang senantiasa memfasilitasi sarana prasarana kegiatan pembelajaran siswa dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada.

“Kita Alhamdulillah sudah digital class atau IPad class. Alhamdulilah kami dari pengurus selalu mengambil Langkah sesuai perkembangan zaman,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Acara selanjutnya adalah sosialisasi akademis dan kesiswaan oleh Bapak Ibu Guru SMP Islam Hidayatullah Semarang. Diakhiri acara, diadakan sesi tanya jawab, penyerahaan cinderamata, dan foto bersama.

Semoga melalui Studi Banding ini silaturahmi antar sesama lembaga pendidikan bisa tetap terjaga, mendapat keberkahan ilmu, dan meningkatkan kualitas/mutu pembelajaran Islam di sekolah masing-masing. Aamiin***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!