Idul Adha yang jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga sering kita kenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Selasa 13 Agustus lalu, SMP Islam Hidayatullah menggelar acara yang sangat menarik dan edukatif salah satunya adalah praktek menyembelih hewan qurban. Kegiatan ini sangat menarik perhatian siswa-siswi SMP Islam Hidayatullah, karena mereka dapat mengetahui bagaimana proses-proses menyembelih hewan qurban. Antusias siswa-siswi tak hanya ketika mereka belajar menyembelih hewan qurban, tapi saat diadakannya perlombaan memasak dengan bahan dasar daging.

By admin

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x