Berikut amalan untuk menyambut bulan Ramadhan 1445 H agar memperoleh keberkahan dan kemuliaan dari Allah menurut Ustadz Abdul Somad.

 **LPI HIDAYATULLAH- Berikut amalan menyambut Ramadhan 1445 H menurut Ustadz Abdul Somad untuk meningkatkan pahala, keberkahaan dari Allah SWT.

Ya, Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah dan dinantikan seluruh umat Islam di seluruh dunia. Penentuan 1 Ramadhan 1445 H menurut PP Muhammadiyah jatuh pada Senin 11 Maret 2024. Sedangkan menurut organisasi Islam Nahdlatul Ulama dan pemerintah diperkirakan jatuh pada Selasa 12 Maret 2024.

Hadirnya bulan Ramadhan 1445 menjadi kesempatan besar bagi umat Islam untuk memperbanyak amal ibadah karena pada bulan ini Allah akan melipatgandakan pahala para hambanya. Nah, berikut ada beberapa amalan menyambut Ramadhan 1445 H.

  1. Taubat Nasuha

Amalan pertama yang dilakukan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan adalah memperbaiki hubungan dengan Allah Swt. Salah satu caranya yakni dengan melakukan taubat nasuha.

“Yang pertama amalan yang kita persiapkan adalah perbaiki hubungan kepada Allah dengan taubatan nasuha,” ujar UAS saat melakukan Tablig Akbar, dikutip dari YouTube Kominfo Asahan.

Bagi kita yang pernah melakukan perbuatan buru dan membuat Allah SWT murka, hendaklah melakukan taubatan nasuha.

Ustadz Abdul Somad juga mengajurkan untuk senantiasa memperbanyak istighfar. Karena dengan istigfar tidak hanya meminta ampunan atas dosa kita, namun juga mengatasi masalah lainnya.

“Siapa yang memperbanyak, setiap kesempitan dihidupnya diberikan kelapangan, setiap ada masalah diberikan Allah solusi, diberikan Allah rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka,” tambah UAS menyampaikan sebuah hadis dari Rasulullah Saw.

BACA JUGA : Ayat- ayat Al-Qur’an Mengenai Arti Penting Ramadhan

  1. Hablum Minannas

Amalan kedua adalah menjaga hubungan baik dengan sesama manusia.

UAS sapaan akrab Ustadz Abdul Somad mengatakan jika kita punya kesalahan dengan orang lain segeralah untuk minta maaf.

Sebab hubungan yang menyangkut dengan sesama manusia tidak bisa diselesaikan dengan memohon ampun pada Allah SWT saja, tetapi harus mendatangi mereka satu persatu untuk meminta maaf dan berjabat tangan.

  1. Pelajari Ilmu Ramadhan

Sebelum menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, penting untuk kita mempelajari ilmu terkait ibadah Ramadhan.

Dalam hal ini, UAS mengaitkan dengan perintah Allah SWT dalam QS Muhammad ayat 19, yang menyerukan umat muslim untuk mempelajari terlebih dahulu tentang kalimat syahadat sebelum mengucapkan. Perlu untuk dipelajari tentang hukum dan ketentuannya agar tidak menjadi sia-sia saat dikerjakan.

  1. Membaca Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Pada bulan ini Allah Swt menurunkan kitab suci Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia.

Oleh sebab itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran di bulan Ramadhan

“Bulan Ramadhan bulan turunnya Alquran, maka perbanyaklah membaca Alquran” ujar UAS

Bagi yang belum mahir membaca Alquran, maka langkah persiapan menjelang Bulan Ramadhan ialah mempelajarinya dan menyiapkan kitab suci untuk dibaca.

UAS juga menyampaikan pahala yang didapat jika membaca ayat-ayat Alquran di bulan yang penuh keberkahan ini yaitu setiap hurufnya akan dibalas sebanyak 10 pahala.

BACA JUGA : Kitab Khuluquna: Akhlak Kita Kepada Hamba-hamba Allah

  1. Persiapan untuk Sedekah

Di Bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Oleh sebab itu, Ustadz Abdul Somad menyarankan kita untuk menyiapkan uang untuk persiapan bersedekah untuk Yatim, Fakir maupun orang lain yang membutuhkan.

“Itulah (sedekah) yang menolong di hadapan Allah,” kata UAS***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!