Dalam rangka berbagi berkah di bulan Ramadhan 1445 H, Majelis Taklim Hidayatullah Semarang menjalankan program rutin tahunan yakni program berbagi/peduli sesama.

LPI HIDAYATULLAH – Dalam rangka berbagi berkah di bulan Ramadhan 1445 H, Majelis Taklim Hidayatullah Semarang menjalankan program rutin tahunan yakni program berbagi /peduli sesama.

Ya, ibadah puasa Ramadhan 1445 H sejatinya merupakan momentum bagi umat Islam di seluruh dunia untuk meningkatkan amal sholeh dan pahala. Tak hanya itu, pada bulan puasa Ramadhan Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipatganda, menebarkan keberkahan serta kemuliaan bagi seluruh manusia.

Nah, salah satu bentuk amal shaleh yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan 1445 H ini adalah berbagi/ sedekah. Di bulan puasa Ramadhan 1445 H ini, segenap pengurus Majelis Taklim Hidayatullah Semarang menggelar program berbagi/peduli sesama. Program ini sebagai bentuk adab untuk bermuamalah dengan sesama hamba Allah SWT.

Berikut kegiatan berbagi keberkahan di bulan Ramadhan 1445 H oleh pengurus Majelis Taklim Hidayatullah Semarang.

  1. Pembagian Paket Sembako di Panti Asuhan

Pada Selasa, 5 Maret 2024 ini pengurus Majelis Taklim Hidayatullah Semarang melakukan kunjungan ke Panti Sosial dan anak yatim serta dhuafa. Dalam kesempatan ini, pengurus membagikan paket sembako yang disalurkan pada Yayasan Kyai Ageng Fatah, Panti Sosial Anak Asuh Plamongansari dan Panti Asuhan Kyai Ageng Majapahit, Jl. Purwomukti Selatan.

BACA JUGA : Majelis Taklim Hidayatullah Kunjungi Panti Asuhan Al Mahadul Qorona Al Islami Dusun Kalisidi Ungaran

  1. Pembagian Menu Iftar di Pusponjolo Semarang

Selanjutnya pada Selasa 19 Maret 2024 dilakukan agenda pembagian menu iftar saat menjelang berbuka puasa. Pembagian menu iftar ini berpusat pada “Rumah Singgah Pasien Izi Jateng” yang berlokasi di Jl. Pusponjolo Tengah X no. 75 Semarang. Dimana rumah singgah pasien ini merupakan pelayanan tempat tinggal bagi pasien fakir, miskin, dan dhuafa, yang sedang menjalani pengobatan kanker/tumor di rumah sakit rujukan di Kota Semarang.

Dalam kesempatan ini, perwakilan pihak Rumah Singgah Pasien Kanker mengucapkan terima kasih pada segenap pengurus Majelis Taklim Hidayatullah, perwakilan SMA Islam Hidayatullah serta perwakilan Komite atas kepedulian dan empatinya pada para pasien di rumah singgah ini.

Selain berbagi menu iftar, para pengurus juga mendengarkan keluh kesah para pasien kanker yang mana mereka tengah berikhtiar untuk sembuh.

“Dengan kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi hidup mereka bahwa para pasien ini tidak sendirian. Masih ada kasih sayang dari sesama” tuturnya.

  1. Pembagian Menu Iftar bagi Korban Longsor dan Fakir Miskin

Lokasi selanjutnya, tim Majelis Taklim Hidayatullah mengunjungi warga Candisari-Pasadena yang terdampak longsor. Musibah longsor terjadi akibat curah hujan tinggi yang melanda Kota Semarang akhir-akhir ini. Pembagian menu iftar berupa nasi kotak dan takjil ini dibagikan oleh para Pengurus Majelis Taklim Hidayatullah (SMP-SMA Islam Hidayatullah)

Sasaran selanjutnya, pengurus Majelis Taklim Hidayatullah (KB-TK-SD Islam Hidayatullah)  membagikan menu iftar pada fakir miskin dan kaum dhuafa di wilayah Banyumanik, Ungaran dan sekitarnya.

“Sengaja lokasi pembagian menu iftar ini kami siapkan 2 tim agar dapat efektif dan efisien dalam waktu yang bersamaan,” tutur bunda Nurminah selaku orangtua siswa alumni sekaligus Ketua Majelis Taklim Hidayatullah dari SMP-SMA.

“Disini pengurus Majelis Taklim Hidayatullah  yang terlibat terdiri dari 16 orang yakni perwakilan dari orangtua siswa maupun dari orang tua alumni dari KB-TK-SD-SMP-SMA Islam Hidayatullah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Ibu Suci Wulansari, M.Pd selaku Humas LPI Hidayatullah sekaligus Pembina dan Penanggung Jawab Majelis Taklim Hidayatullah Semarang mengucapkan terimakasih pada segenap pengurus Majelis Taklim Hidayatullah atas keberlangsungan program ini.

“Program Ramadhan dari Majelis Taklim Hidayatullah ini merupakan program rutin tahunan yang dapat membantu meringankan beban bagi saudara-saudara kita. Kami dari Lembaga menyampaikan terimakasih dengan adanya program ini. Semoga dengan program peduli sesama ini mampu menjadi syi’ar kebaikan bagi kita semua. Dan semoga Allah SWT memberikan kemudahan & rezeki yang berlimpah bagi segenap donatur,” tutur beliau.

Program berbagi ini bisa berjalan lancar berkat keikhlasan dari seluruh jamaah yang secara rutin memberikan infaq di setiap Kajian Majelis Taklim Hidayatullah. Tak hanya itu, bantuan para donatur, keluarga pengurus, support dari Yayasan Abul Yatama serta Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Semarang juga menjadi penyemangat untuk keberlangsungan program ini.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian kita dengan sesama, bermuamallah dengan hamba Allah dapat lebih baik lagi serta rasa syukur kita bertambah dan tak lupa menambah kebersamaan diantara pengurus dan jamaah Majelis Taklim Hidayatullah,” tutur Bunda Vini Hanarti Marantina selaku Ketua Majelis Taklim Hidayatullah dari KB-TK-SD sekaligus Pengurus Komite SD Islam Hidayatullah.

Segenap pengurus Majelis Taklim Hidayatullah Semarang  pun berharap melalui kegiatan ini semoga Allah karuniakan kebaikan, Rahmat & kasih sayang pada kita semua. Semoga program ini juga dapat bermanfaat dan menyenangkan sesama hamba Allah. Aamiin Allahumma Aamiin. // BUNDA ANA SUHANA,SE – KETUA UMUM Majelis Taklim Hidayatullah dan Pengurus Komite SMAHA bid. Keagamaan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!