Murid dan guru ibarat antara anak dan orang tua di sekolah. Murid membutuhkan kehadiran guru sebagai orang yang memiliki pengetahuan lebih dan mampu mengajarkannya kepada murid. Komunikasi dan interaksi yang terjalin antara murid dan guru haruslah disertai dengan adab sebagai rasa hormat yang tinggi kepada sang guru. Bentuk penghormatan baik dalam lisan maupun perilaku harus selalu diterapkan dan menjadi kewajiban bagi setiap murid. Menuntut ilmu adalah mencari keberkahan dari Allah SWT melalui guru. Oleh karena itu, jika sebagai murid tidak memiliki rasa tunduk dan hormat, keberkahan tersebut tidak dapat mengalir dengan lancar. Begitu pun dengan proses ketika mencari ilmu yang dapat menemui hambatan di jalannya. Lalu bagaimana adab seorang murid untuk menghormati gurunya.

1. Menyelesaikan Tugas dengan Tepat Waktu

Mengerjakan tugas sebaik-baiknya dan diselesaikan tepat pada waktunya adalah sebagai bentuk menghormati guru yang telah menularkan ilmunya dan berharap ilmu tersebut dapat terpatri dalam pikiran dan hati murid-muridnya.

2. Memperhatikan Guru yang Mengajar

Tidak berbicara dan menyimak serta mencatat apa yang diterangkan oleh guru berarti menghargai keberadaan guru yang sedang mengajari muridnya akan ilmu pengetahuan. Sehingga dengarkan baik-baik dan dapat melakukan aktivitas lain setelah guru selesai menerangkan.

3. Bersikap Lembut

Janganlah berbicara atau berlaku kasar kepada guru. Bersikaplah lemah lembut sebagai bentuk rasa sayang seorang murid kepada gurunya.

4. Menyapa Ketika Bertemu di Jalan

Sapalah jika bertemu guru di jalan. Jika kondisinya menentukan.

5. Mencium Tangan

Bentuk rasa hormat kepada guru dapat dilakukan dengan mencium tangan guru. Baik ketika baru saja datang ke sekolah, pulang sekolah, atau ketika tidak sengaja bertemu. Untuk murid perempuan mecium tangan guru perempuan dan memberi salam kepada guru laki laki. Untuk murid laki laki mencium tangan guru laki-laki dan memberi salam guru perempuan.

6. Izin Ketika Hendak Meninggalkan Pelajaran

Ketika ada keperluan dan memaksa harus meninggalkan pelajaran, meminta izinlah kepada guru yang sedang mengajar dan jelaskan kemana akan pergi. Sehingga guru dapa tahu dan dapat mengizinkannya dengan alasan yang jelas.

7. Tidak meyela pembicaraan

Hormati guru ketika sedang berbicara dengan orang lain. Jika ada yang harus dibicarakan, tunggulah beberapa saat hingga guru menyelesaikan pembicaraannya dan mulailah dengan sopan.

Semoga kita semua dimasukkan ke dalam golongan manusia yang memili akhlak dan adab yang baik kepada setiap orang. Dan terlebih bila Allah tambahkan ilmu setelah akhlak dan adab.

HIDAYATULLAH MENGEDEPANKAN 3T (TAAT, TUNDUK, TAWADUK)

By admin

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x