SEMARANG– Lembaga Pendidikan Islam atau LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang kembali menggelar Program Induksi Dasar (PID) yang berlangsung pada 29 Juni- 1 Juli 2022 bertempat di gedung aula lantai 3 Yayasan Abul Yatama Semarang.

Pembukaan PID LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama ini diikuti oleh seluruh pengabdi baru di berbagai divisi. Baik itu guru PAUD, guru SD, TU, Humas, hingga staff IT. Hal ini bertujuan agar pengabdi mengenal lebih dekat LPI Hidayatullah dan menjadikan pengabdi yang profesional dan menjunjung nilai-nilai Islam.

Program Induksi Dasar (PID) ini berlangsung selama 3 hari dengan durasi waktu pukul 08.00-15.00 WIB. Pada hari pertama, pembukaan PID LPI Hidayatullah ini dibuka langsung oleh sambutan sekaligus materi dari Ustadz Suprapto Haris Setiawan selaku Direktur LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama.

Dalam pemaparannya, Ustadz Haris menyampaikan visi misi LPI Hidayatullah hingga nilai dasar dan kepribadian pengabdi. Dalam sesi selanjutnya, Ustadz Eko Wahyu Diyono selaku Kepala Divisi Sumber Daya Insani (SDI) juga turut serta menyampaikan materi mengenai Hak dan Kewajiban Pengabdi. Pemberian materi ini bertujuan agar pengabdi baru mengetahui apa saja kewajiban dan tanggung jawab harus dipenuhi selama mengabdi di LPI Hidayatullah.
Pada Kamis 30 Juni 2022, hari kedua PID LPI Hidayatullah berlangsung seperti biasa. Di sesi pertama, Ustadzah Suci Wulansari memaparkan 2 materi mengenai kode etik dan tata tertib pengabdi. Disini pengabdi baru wajib mematuhi aturan-aturan penting LPI Hidayatullah dan sesuai dengan syariat Islam.

Pada sesi kedua, Ustadz Eko kembali menyampaikan materi mengenai sistem pembinaan karier dan kesejahteraan pengabdi. Disini pengabdi dituntut untuk mengerti apa saja kewajiban dan tanggung jawab selama mengabdi di LPI Hidayatullah.
Sementara itu, Jumat 1 Juli 2022 menjadi acara terakhir Program Induksi Dasar atau PID bagi pengabdi baru LPI Hidayatullah. Pada hari ini diisi oleh 4 pemateri sekaligus.

Pada sesi pertama, Ustadz Aminudin selaku Kepala Divisi Humas memberikan materi penting mengenai Standar Kompetensi Keislaman Pengabdi. Ya, pada materi ini ada beberapa nilai-nilai islami yang harus dijunjung tinggi para pengabdi LPI Hidayatullah.

Tak hanya itu, Ustadz Teguh bagian staff Kurikulum juga turut serta menyampaikan materi terkait Struktur Organisasi dan Tata Kerja Unit Kerja LPI Hidayatullah. Dalam hal ini pengabdi harus tahu pentingnya sebuah kerjasama dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan.

Sesi selanjutnya, Ustadz Adi Suipto selaku Kepala Devisi Kurikulum juga turut serta memberikan materi pada pengabdi baru mengenai Tugas dan Fungsi Jabatan. Dimana setiap devisi pasti memiliki tugas penting yang sangat berpengaruh bagi kemajuan LPI Hidayatullah Yayasan Abul Yatama.

Disisi lain, Ustadz Eko mengakhiri sesi kali ini dengan Refleksi Diagnostik. Hal ini untuk meyakinkan pengabdi baru agar benar-benar siap mengabdi secara profesional di LPI Hidayatullah.

Di setiap akhir sesi diadakan pula pemberian hadiah sebagai apresiasi bagi pengabdi baru yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar dari para narasumber. Tak lupa setiap masuk waktu sholat Dhuhur dan Ashar para pengabdi baru diwajibkan untuk sholat berjamaah.

Usai digelar selama 3 hari dengan lancar dan hikmat. Adanya Program Induksi Dasar atau PID ini diharapkan menjadi bekal para pengabdi agar lebih siap mengabdi secara profesional serta mengetahui tupoksi masing-masing sebelum diterjunkan ke unit kerja masing-masing.***

 

This slideshow requires JavaScript.

 

By admin

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x