SEMARANG, Pembelajaran abad 21 baik diterapkan bagi siswa, terutama dalam menghadapi perkembangan kompetisi di era abad ini. yayasan Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah menyelenggarakan pelatihan bagi tenaga pendidik dari jenjang TK,SD,SMP dan SMA Hidayatullah di Banyumanik, belum lama ini.
Kepala bidang akademik Yayasan lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Adi Suipto menuturkan, dalam proses pembelajaran abad 21 ada empat unsur penting. Yaitu kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis. keempat unsur ini harus ada dalam tahapan pembelajaran 21. Dalam dua tahun terakhir ini. Yayasan Islam Hidayatullah sudah menerapkan metode tersebut.

“kegiatan ini dalam rangka mengingat kembali, apa saja yang perlu ditingkatkan dan perlu dievaluasi oleh tenaga pendidik untuk di terapkan kepada siswa. ” tuturnya.
Menurutnya, pembelajaran ini membekali siswa dalam menghadapi era abad 21. pelatihan ini bekerja sama dengan lembaga pendidikan Irsyad Satya Bandung. Selama dua hari tenaga pendidik memperoleh pelatihan tersebut.

Selain itu, dia juga menyelenggarakan pelatihan building learning pwer (blp) untuk guru dalam mempersiapkan pengembangan pendidikan karakter
siswa. metode pendidikan karakter ini, kata dia, diharapkan dapat mendukung potensi akademik siswa.

“tak hanya tenaga pendidik, kami juga memberikan sosialisasi pendidikakn karakter bagi orangtua siswa. selama ini banyak terjadi antara pola pendidikan yang di terapkan di sekolah dan rumah berbeda. misalnya di sekolah sudah tapi ternyata di rumah belum “

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!