LPI HIDAYATULLAH- Dalam rangka meningkatkan prestasi dan mutu peserta didik, setiap sekolah tentu membutuhkan strategi atau terobosan terbaru. Tak terkecuali di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Hidayatullah Semarang Yayasan Abul Yatama.

Ya, untuk meningkatkan prestasi siswa, Ustadz Suprapto Haris Setiawan selaku Direktur LPI Hidayatullah Semarang memberikan arahan pada guru dan karyawan SMP Islam Hidayatullah Semarang untuk memahami indikator kecerdasan ala Rosul.

Arahan ini disampaikan dalam anjangsana (kunjungan) LPI Hidayatullah Semarang Yayasan Abul Yatama, Sabtu 6 Agustus 2022 di Mushola SMP Islam Hidayatullah Semarang.

Dalam kunjungannya, Ustadz Haris menyampaikan beberapa point penting yang wajib dipahami guru/ karyawan LPI Hidayatullah Semarang. Diantaranya meliputi: visi-misi, Quality Assurance, program-program LPI, performance, kinerja, hingga layanan kepada siswa maupun orangtua.

Menurut beliau, performance dan kinerja guru sangat berpengaruh pada persepsi orang tua siswa.

“Ketika orang tua melihat performance guru dan karyawan meyakinkan, maka orang tua akan yakin. Performance dengan kinerja ini saling berkaitan,” kata Ustadz Haris.

“Untuk itu kinerja guru dan karyawan itu harus optimal. Ditambah dengan layanan kita kepada siswa itu juga lebih optimal,” sambungnya.

Tak hanya itu, sebagai seorang guru dan karyawan tidak hanya mengutamakan  kecerdasan umum yang dimiliki anak-anak saja. Melainkan juga harus pahami  2 indikator kecerdasan ala Rosulullah, yakni meliputi:

  1. Orang yang cerdas adalah orang yang mampu menahan diri/mengendalikan hawa nafsu. Dimana dalam hal ini adalah orang yang mampu bersikap sabar.

  2. Orang yang cerdas adalah orang yang selalu beramal, berbuat sesuatu/bekerja orientasinya untuk bekal akhirat.

“Mari ubah mainset kita tentang kecerdasan yang sebenarnya. Saya yakin kalau anak-anak sudah memiliki kecerdasan yang ini, masalah akademis dan yg lain tidak ada hambatan. Hal ini karena dia mampu mengendalikan dirinya, dia mampu bersabar,” tuturnya.

“ Indikator ini yang harus kita kuatkan dan kembangkan di lingkungan LPI Hidayatullah Semarang. Anak yang ibadahnya baik, akhlaknya baik itu akan lebih membuat orang tua bahagia ketimbang nilai akademiknya yang baik,” pungkas Ustadz Haris***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!