Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir adalah soft skill yang diajarkan Praja Muda Karana ini. Selain itu pramuka juga melatih bekerjasama dengan orang/pihak lain. Keterampilan yang satu ini sangat relevan dengan era abad 21 ini. Dimana kita tidak lagi menjadi warga lokal tetapi juga global. Tak lagi warga Indonesia namun juga warga dunia. Kecakapan dan ketangguhan dalam bekerjasama sangat penting dimiliki siapa saja yang ingin survive di zaman ini.

Pramuka, salah satu organisasi siswa di SMA Islam Hidayatullah Semarang telah terbukti mampu mengasah berbagai keterampilan positif siswa. Oleh karena itu Pramuka menjadi aset sekolah untuk mewujudkan siswa khairu ummah sesuai visi sekolah.

Tempo lalu, Gudep 06.101.-06.102 pangkalan SMA Islam Hidayatullah menyelenggarakan even tahunan yaitu LDK Dewan Ambalan dan Pelantikan Penegak Bantara 2019-2020. Kegiatan yang dipersiapkan dengan baik oleh para pengurus Dewan Ambalan 2018-2019 ini berlangsung di dua tempat, yaitu di sekolah dan di Curug Lawe, Kalisidi, Ungaran, Semarang. Setia, S.Pd. selaku ketua pembina pramuka mengungkapkan, “Tempat ini sengaja dipilih untuk penyelenggaraan kegiatan ini karena hawanya sejuk, udara segar, jauh dari kebisingan yang pasti sangat nyaman bagi para peserta LDK. Selain itu juga untuk mengajak para peserta bersyukur kepada Allah SWT atas karunia alam yang begitu indah. Di samping itu, juga mengenalkan wisata lokal  yang tidak kalah bagus dibanding kota-kota lain, sehingga diharapkan para peserta semakin mencintai kota Semarang.”

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di sekolah kemudian dilanjutkan dengan beragam acara di Curug Lawe, seperti pembekalan materi kepramukaan, PBB, aneka game kepramukaan, api unggun, qiyamul lail, tadabur alam, dan acara puncak yaitu pelantikan penegak bantara. Adapun yang terpilih sebagai pradana adalah Naufal Althaf Al Fatah (XI MIPA 1) dan sebagai Pradani adalah Nindia Salsha Noveka (XI IPS 2). “Terima kasih telah memberi kepercayaan keada saya sebagai pradana pramuka, saya sangat senang berada di alam yang indah ini. Insyaa-Allah nanti saya akan menambah program baru yaitu ‘Save Earth’ yang akan mengajak semua anggota pramuka mencintai dan melestarikan alam. Sehingga kegiatan pramuka di sekolah semakin terasa manfaatnya.

Selamat bertugas Pengurus Dewan Ambalan 2019-2020. Salam Pramuka!!!

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!