LPI HIDAYATULLAH- Hari kelima kegiatan P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertajuk ‘Aku Sayang Bumi’ berjalan dengan lancar.

P5 kali ini, anak-anak TK Islam Hidayatullah diajak untuk bereksperimen membuat pupuk kompos. Kegiatan ini berlangsung di Playground PAUD Islam Hidayatullah Semarang, Senin 31 Oktober 2022.

Pembuatan pupuk kompos kali ini, anak-anak dibagi dalam sebuah tim, sesuai kelas masing-masing.

Bahan untuk membuat pupuk kompos tentu sudah disiapkan sebelumnya. Seperti: daun kering, nasi sisa/aking, air, ember, gentong, karung goni, kayu untuk mengaduk, tali dan sebagainya.

Pembuatan pupuk kompos ini memanfaatkan daun kering yang ada di lingkungan sekolah supaya lebih bermanfaat.

“Banyaknya tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah akan menyebabkan muncul sampah daun terutama sampah dari daun-daun kering. Daun-daun kering bisa dimanfaatkan menjadi bahan yang bernilai guna,” tutur bu Ria, guru kelompok A3.

Menurut beliau, projek P5 dapat meningkatkan kepedulian dan kecintaan anak-anak terhadap lingkungan.

“Pada projek P5 Aku Sayang Bumi ini, salah satu manfaatnya juga untuk menumbuhkan kepedulian anak- anak pada lingkungan dengan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dinilai mampu meningkatkan kerjasama anak-anak dalam menyelesaikan projek.

“Salah satu ciri khas pada projek P5 adalah kerja kelompok. Projek komposting pun juga dilakukan secara kerjasama. Semua bersemangat agar projek kompos bisa terselesaikan,” tutur Bu Dijah, guru kelompok B4.***

This slideshow requires JavaScript.

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x