LPI HIDAYATULLAH- Segenap siswa-siswi SMA Islam Hidayatullah Semarang mengikuti kegiatan Tasmi’ Tahfidz Al-Qur’an di Aula lantai 1 SMA Islam Hidayatullah Semarang, Kamis 22 September 2022.

Ya, Tasmi’ Tahfidz adalah kegiatan dimana para guru Al-Qur’an menyimak hafalan siswa. Hal ini bertujuan untuk memperkuat hafalan Al-Qur’an siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang.

Ustadzah Miskiyatul Fudlolah menuturkan kegiatan Tasmi’ Tahfidz Al-Qur’an ini kali pertama digelar secara offline sejak pandemik Covid-19.

“Tasmi’ ini diadakan setiap setahun sekali. Ini kali pertama digelar secara offline pasca pandemik. Kegiatan Tasmi’ kali ini juga turut mengundang orang tua siswa,” tuturnya.

“ Kali ini diikuti oleh siswa kelas 10. Untuk kelas 11 dan kelas 12 dijadwalkan di hari yang berbeda. Tasmi’ hanya diikuti oleh siswa yang berkompetensi saja” jelasnya.

Adanya kegiatan ini bermanfaat untuk melatih siswa-siswi murojaa’ah atau membaca dengan jumlah banyak. Baik itu hafalan juz 1-5, juz 11-20 hingga juz 30 Al-Qur’an.

“Ada yang menghafal 1 atau 2 juz, bahkan ada yang membaca 5 juz dalam satu majelis (pertemuan),” jelas beliau

Orang tua siswa ikut menyimak hafalan Tasmi’ Tahfidz Al-Qur’an.

Ustadzah Miskiyatul Fudlolah juga berharap dengan Tasmi’ Tahfidz siswa menjadi terbiasa membaca Al-Qur’an dengan jumlah banyak dalam satu waktu dan kecintaan siswa untuk menjaga hafalan juga tinggi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Islam Hidayatullah Semarang, Etik Ningsih, S.Pd adanya kegiatan Tasmi’ dengan mengundang orang tua siswa ini bertujuan agar meningkatkan halafan siswa. Tidak hanya disekolah melainkan dirumah.

“Untuk mempertahankan halafan siswa itu sangat sulit. Disini orang tua diminta hadir mendamping siswa agar bisa melihat secara langsung halafan mereka,” tutur Ustadzah Etik.

“Harapannya siswa tidak hanya menghafal Al-Qur’an saat kegiatan Tasmi’ Tahfidz saja, melainkan orang tua juga ikut bersinergi meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa saat di rumah,” pungkasnya.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!