Apa yang istimewa di hari terakhir MPLS?

Sesuai dengan pedoman MPLS 2019, Permendikbud No. 18 tahun 2016 berisi delapan materi yang harus tersampaikan kepada peserta didik baru. Smaha Hebat berhasil mengemas dengan baik dari kedelapan materi tersebut yaitu wawasan wiyata mandala, kepramukaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, cara belajar efektif, pendidikan karakter, tata krama, pengenalan kurikulum, dan pembinaan mental. Yang spesial di hari ke-3 ini adalah materi pendidikan karakter, tata krama, dan pembinaan mental yang dikemas dalam kegiatan mabit. Para peserta didik baru ini menginap di sekolah untuk mengimplementasikan ketiga materi tersebut.

Diawali dengan pembiasaan sholat wajib berjamaah, berdzikir bersama, tilawah qur’an, tahajud, belajar adab dan akhlak, serta aneka kegiatan lain. Mengapa perlu mabit? Karena materi-materi ini tidak bisa diterapkan siswa dengan hanya mendengar presentasi dari guru tetapi siswa harus melaksanakan langsung kebiasaan-kebiasaan ibadah seperti tilawah qur’an setelah sholat maghrib, makan minum menggunakan tangan kanan, sholat tahajud, dan lain-lain. Meski tidak cukup sampai disini saja, melainkan usaha pembiasaan ibadah, penanaman karaktaer dan pendidikan mental ini perlu terus dilakukan di hari-hari kedepan.

Hari terakhir membawa kesan dan pesan istimewa kepada seluruh siswa akan pentingnya memiliki karakter, adab, akhlak, serta mental yang baik sesuai yang diajarkan oleh nabi tercinta, Muhammad SAW sebagai pondasi belajar mencari ilmu di Smaha untuk meraih cita-cita yang diinginkan.

Selamat belajar untuk Smaha Golders, semoga menjadi pribadi yang hebat akhlaknya, tangguh mentalnya, kuat jasmaninya, serta bermanfaat ilmunya. Aamiin.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!