Cara Memilih Sekolah yang Baik Untuk Anak PAUD, TK, SD, SMP dan SMU

Pendidikan yang merupakan investasi masa depan untuk kesuksesan anak-anak nya kelak, membuat para orang tua tidak bisa asal-asalan dan sembarangan dalam memilih sekolah-sekolah terbaik untuk putra-putri mereka. Biaya pendidikan yang mahal sering kali tidak menjamin bahwa kualitas lembaga pendidikan tersebut tinggi, namun sebaliknya, biaya pendidikan yang murah juga tidak selalu identik dengan sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas rendah.Bagi orang tua, dalam memilih sekolah yang baik untuk anak-anak mereka jangan hanya melihat fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh sekolah tersebut, namun juga harus melihat dari banyak faktor yang mesti menjadi acuan bagi para orang tua dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya.Karena itu, hal ini bisa sangat membingungkan bagi orang tua untuk menemukan dan memilih sekolah yang tepat bagi anak mereka. Sekolah yang kita pilih akan sangat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan mereka serta kecerdasan anak-anak kita. Teman-teman pertama dan baru, serta jenis kegiatan ekstrakurikuler apa saja yang tersedia bagi mereka disana. Untuk itu, penting bagi para orang tua untuk melakukan sedikit penelitian/ riset dan mengetahui apa yang harus dicari dari sebuah sekolah, untuk dapat memastikan bahwa pilihan sekolah yang kita buat untuk anak-anak kita adalah pilihan yang tepat.

Lembaga pendidikan atau sekolah yang tepat akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Persempit Pilihan Anda

1. Tentukan Sekolah Yang Ideal Menurut Anda. 

Sebelum memulai untuk mencari sekolah yang baik untuk anak, sangat penting untuk memutuskan apa yang paling penting bagi Anda untuk anak-anak Anda.  Anda dapat mempersempit pilihan dengan menggunakan kriteria seperti peluang kemampuan berbahasa asing, kemampuan dalam seni dan sains, kemampuan pendidikan agama islam. Atau berbagai faktor lain yang Anda anggap penting untuk mempersempit pilihan Anda. Setelah Anda memutuskan apa yang penting tadi, kunjungi situs web sekolah-sekolah di internet, atau cari informasi yang tersedia dalam pamflet, spanduk dan lain sebagainya. Atau bisa juga dengan melakukan kunjungan langsung untuk memastikan prospektif sekolah yang memiliki penawaran yang tepat bagi anak-anak anda. Contohnya, jika anda ingin anak-anak anda memiliki pengetahuan agama islam yang baik dan anda tinggal di Semarang atau kota-kota lainnya di Indonesia, maka anda dapat melihat disitus-situs web mereka dimana sd islam terbaik di Semarang, sd islam terpadu di Semarang atau Jawa Tenah, sd islam berbasis teknologi di Semarang. Atau punjenjang yang lain seperti PAUD,SMP atau SMA Sekolah yang memiliki banyak guru dan memiliki keinginan untuk berkembang dan berinvestasi dimasa depan cenderung lebih kuat dan lebih baik.

2. Selalu Terbuka untuk Pilihan Lainnya. 

Jika daerah Anda memiliki berbagai jenis sekolah mulai dari sekolah negeri, swasta, atau pesantren-pesantren, jangan membatasi diri anda hanya pada satu sekolah saja. Cobalah untuk melihat ke sekeliling anda, baik secara online, pergi ke kantor sekolah, atau hadiri pameran pendidikan untuk melihat mereka lebih dekat.

3. Ketahui Nilainya. 

Sekolah harus memiliki statistik yang cukup tersedia untuk para orang tua calon siswa-siswi yang menunjukkan bagaimana kinerja sekolah tersebut. Pada nilai hasil tes atau UN (Ujian Nasional), pada nilai rasio perbandingan antara jumlah siswa dan jumlah gurunya dan berapa banyak siswa-siswi yang melanjutkan ke perguruan tinggi, baik dengan mendapatkan beasiswa ataupun tidak, serta berapa banyak yang mendapatkan pekerjaan. Banyak sekali sekolah yang melahirkan lulusan dengannilai baik dan mendapat pekerjaan baikdimasadepannya.

4. Ajukan Pertanyaan Yang Tepat. 

Sebelum Anda mengunjungi sekolah, buat daftar pertanyaan berdasarkan nilai-nilai yang Anda anggap penting seperti yang telah disebutkan diatas, dan telah anda buat daftar utamanya.

Ketika Anda mengunjungi sekolah, ajukan pertanyaan Anda. Pastikan Anda tahu tentang jam sekolah untuk jadwal Anda sendiri, bahasa asing apa yang menjadi muatan lokal mereka, tim olahraga mereka, serta kegiatan ekstrakulikuler mereka.

Jika Anda ingin lebih mendalam lagi, Anda dapat bertanya bagaimana guru mereka dilatih, rincian tentang pekerjaan rumah dan bagaimana mereka menangani perilaku yang buruk dari para siswa.

6. Cari Rekomendasi. 

Anda mungkin memiliki teman-teman yang sudah memiliki anak di sekolah tertentu. Cari tahu dari mereka, Anda mungkin ingin mempertimbangkan mendaftarkan anak-anak Anda ke sekolah yang sama.

7. Ketahui Detail Aplikasi dalam Formulir Pendaftaran. 

Ada banyak detail yang akan sangat membantu anda dalam membuat keputusan dimana anak-anak anda akan sekolah nantinya, di formulir aplikasi pendaftaran sekolah.

Memilih Sekolah untuk Anak PAUD dan TK

1. Tentukan lingkungan yang Anda inginkan untuk anak Anda. 

Untuk prasekolah (PAUD) dan Taman Kanak-kanak, memiliki berbagai pendekatan yang berbeda dalam menentukan pilihan bagi orang tua. Anda mungkin menginginkan sesuatu yang lebih berpusat pada permainan versus sesuatu yang bersifat mendidik.

Anda mungkin juga memiliki pendapat tentang apakah Anda ingin anak Anda dalam lingkungan yang sibuk dengan banyak aktivitas dan teman sekelas atau lebih banyak kegiatan berorientasi lingkungan individual yang berfokus pada pengembangan keterampilan tertentu.

2. Tentukan Struktur Pendidikan yang Anda Inginkan. 

Program berbasis bermain adalah kegiatan yang bertujuan untuk menggunakan permainan untuk mengembangkan keterampilan anak. Ini juga dikenal sebagai “berpusat pada anak.”

Sering kali ruang kelas ini dipecah menjadi beberapa bagian yang berbeda seperti rumah atau dapur, area ilmu pengetahuan, meja air, ruang membaca, dan ruang dengan balok dan mainan. Hal ini untuk mendorong siswa agar mendapatkan keterampilan melalui bermain.

Program yang berfokus pada akademis biasanya dipimpin oleh guru dan menyediakan lebih banyak struktur. Ini mirip dengan pengaturan taman kanak-kanak dan bertujuan mempersiapkan anak untuk langkah selanjutnya di sekolah.

3. Tentukan Filosofi Pendidikan yang Penting bagi Anda. 

Ada berbagai filosofi tentang cara terbaik mengajar anak-anak dan mempersiapkan mereka untuk menjadi orang sukses, seperti:

Montessori 

Adalah metode yang dikembangkan di Roma. Berfokus pada membiarkan anak-anak belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan memungkinkan mereka untuk bekerja pada tingkat pendidikan apa pun yang berbeda.

Memiliki penekanan kurang pada guru mengarahkan anak-anak dan membiarkan anak-anak mengeksplorasi teka-teki dan mainannya sendiri, yang dihargai oleh keberhasilan menyelesaikan tugas dan bukan bala bantuan verbal dari orang dewasa.

Ini sangat bagus untuk orang tua yang ingin anak-anak mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemandirian.

Waldorf 

Adalah metode yang menekankan pada membaca, belajar kreatif, bernyanyi, dan bertindak. Ada juga penekanan besar pada kerjasama di antara para siswa.

Satu hal yang unik tentang metode ini adalah pengecualian media seperti komputer, video, elektronik dan tidak fokus pada tugas-tugas akademik seperti tes, dan bahkan pekerjaan rumah. Metode ini sangat bagus untuk orang tua yang ingin anaknya mengembangkan individualisme.

Reggio Emilia 

Adalah gaya yang mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek. Pelajaran didasarkan pada minat siswa.

Alih-alih guru mengarahkan pertanyaan, mungkin meminta siswa untuk mengeksplorasi di luar dan untuk mengajukan pertanyaan dan mengejar pendidikan melalui pertemuan dan minat mereka sendiri. Proyek-proyek tersebut kemudian dibingkai oleh siswa untuk mendorongnya.

4. Selidiki Staf dan Bagian Administrasi. 

Ini penting karena mereka akan menjadi orang yang mengarahkan kurikulum, menanamkan nilai-nilai, dan mendisiplinkan anak Anda. Temui mereka dan temukan metode dan pandangan mereka tentang hal-hal yang penting.

5. Tur Sekolah. 

Bawalah anak Anda ketika Anda mengunjungi sekolah untuk menentukan apakah itu cocok untuk mereka. Periksa fasilitas, tanyakan tentang kualifikasi guru dan rasakan lingkungan seperti apa yang dimiliki sekolah. Cari tahu juga apa jadwal harian dan tanyakan tentang keterlibatan para orang tua atau para wali murid.

 

Memilih Sekolah untuk Anak SD, SMP dan SMU

1. Mempertimbangkan Faktor Sosial dan Emosional. 

Anak yang lebih muda yakni untuk anak-anak SD, mungkin belum memiliki banyak teman, namun anak yang lebih tua atau anak yang sekolah menengah pertama (SMP) atau menengah umum (SMU) akan memiliki faktor sosial dan emosional penting yang mempengaruhi kesejahteraan mereka.

Jika anak Anda sudah memiliki sekelompok teman yang memiliki dampak positif pada kehidupan mereka, Anda mungkin ingin tidak merusak hubungan itu.

Juga, hal-hal seperti bullying dapat menjadi lebih menonjol pada anak-anak SMP dan SMU. Temukan sekolah yang memiliki kebijakan anti-intimidasi yang kuat dan bantu anak Anda membangun keterampilan sosial yang solid.

Mencari tahu apa jenis ketersediaan konselor bimbingan sekolah dapat menjadi salah satu faktor penting dalam membatasi bullying.

2. Pertimbangkan Tambahan Nilai Pembelajaran Lain dari Sekolah. 

Dalam usia ini anak-anak Anda akan mulai mengembangkan minat dan sekolah biasanya memiliki kegiatan-kegiatan di luar pendidikan-pendidikan dasar seperti matematika, bahasa Inggris, biologi, fisika dan sebagainya.

Kegiatan kursus teknologi informasi, kursus bahasa asing lainnya seperti Mandarin contohnya, dan penawaran khusus lainnya yang benar-benar dapat membedakan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

Mintalah untuk melihat pilihan apa yang dimiliki sekolah dan duduk untuk berbicara dengan anak Anda dan lihat bagaimana mereka dapat menyelaraskan diri mereka dengan minat yang dimilikinya.

Hal ini juga bisa menjadi ide yang baik untuk menanyakan tentang sekolah yang lebih spesifik mengenai program mereka, seperti rasio siswa yang masuk perguruan tinggi, pelatihan-pelatihan yang tersedia, dan pendanaan yang tersedia untuk mendukung siswa (beasiswa).

Sekolah menengah yang memberikan perhatian pada siswa yang menonjol dan berprestasi untuk diarahkan pada Sekolah Tinggi tertentu yang terbaik tentunya, atau mendorong mereka untuk mendapatkan beasiswa kuliah, tantu akan menjadi pilihan utama para orang tua murid.

3. Kegiatan Ekstrakurikuler Apa yang Ditawarkan. 

Pada saat anak-anak Anda mencapai sekolah menengah pertama (SMP) atau sekolah menengah Atas (SMA), mereka mungkin memiliki minat dalam olahraga tertentu, memainkan alat musik, atau mungkin sebagai anggota Pramuka.

Sekolah yang mampu secara finansial mendukung minat anak Anda di luar kelas dapat memberikan pengalaman pendidikan yang lebih mendidik dan membantu mereka menjadikan remaja yang lebih dewasa.

Cari tahu bagaimana peringkat calon sekolah dalam kompetisi olahraga, kesenian, atau kegiatan kepramukaan, apa pun yang diminati oleh anak Anda.

4. Tentukan Pilihan Anda, Sekolah Swasta atau Negeri

Meskipun sekolah yang menerima pendanaan tetap tidak selalu membuatnya lebih baik atau lebih buruk daripada sekolah lain, ada perbedaan antara sekolah negeri dan swasta yang perlu diperhatikan.

Mungkin Anda menginginkan struktur pendidikan keagamaan, dalam hal ini sekolah berbasis agama swasta. Yang mengedepankan pembelajaran akhlak dan mempelajari Al-Qur’an.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!