Ibadah haji merupakan salah satu manifestasi kecintaan umat manusia terhadap Robb-nya. Sebuah ritual ibadah tahunan bagi kaum muslim yang mampu secara material, fisik, maupun keilmuan.

Hari ini, Selasa, 13 Agustus 2019, Kelas X Sma Islam SMA Islam Hidayatullah melaksanakan kegiatan manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang. Sebelum rangkaian manasik haji dilaksanakan, kepala SMA Islam Hidayatullah, Eko Wahyu Diyono, S.Si., M.Pd., memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara. Berikutnya sambutan dari Pengawas PAI SMP & SMA Kota Semarang, Drs. H. M. Faozin, M.Ag., M.Pd. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan pembelajaran yang sangat bagus ini patut untuk terus dipertahankan. Siswa tidak hanya mendapatkan materi tentang ibadah haji secara faktual dan konseptual, namun juga prosedural dan metakognitif. Pada dimensi prosedural, siswa mengalami langsung tahapan-tahapan atau rukun ibadah haji. Sedangkan pada dimensi metakognitif, para siswa merasakan bagaimana kondisi dan suasana pelaksanaan ibadah haji. Panasnya terik matahari, lelah, haus dan lain-lain membuat siswa memahami arti sebuah proses. Sehingga pembelajaran manasik haji ini menjadi sangat bermakna bagi para siswa.

Setelah melaksanakan semua rukun haji, kegiatan ditutup dengan sholat dhuhur berjamaah. Para siswa dan guru pendamping tampak semakin akrab. Ya, pembelajaran di luar kelas mampu memberi warna berbeda di hati para guru dan siswa.

Semoga kegiatan ini semakin mengokohkan keimanan dan kerinduan khususnya para siswa untuk mengunjungi Baitullah. Amiinn.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!