Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Keberadaan Hari Pendidikan Nasional tidak terlepas dari kelahiran tokoh pelopor pendidikan Indonesia. Hari Pendidikan Nasional merupakan hari nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Beliau merupakan sosok pelopor pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Hari Pendidikan Nasional dapat dimaknai bahwa pendidikan sangatlah penting. Kemudahan dalam menempuh jenjang pendidikan yang saat ini diharapkan bagi generasi muda. Siswa dan pelajar dapat memanfaatkannya untuk menimba ilmu yang setinggi-tingginya. Dalam rangka membantu para pelajar lebih memahami makna Hari Pendidikan Nasional, maka sekolah-sekolah atau institusi pendidikan mengadakan upacara untuk mengenang para pahlawan yang berjuang demi kemajuan pendidikan Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mengingat perjuangan para pahlawan pendidikan dan lebih menghargai serta memanfaatkan fasilitas pendidikan yang ada saat ini untuk mencari ilmu setinggi-tingginya.

Selain peran sekolah, peran orang tua juga sangat penting bagi perkembangan pelajar dan dunia pendidikan. Orang tua diharapkan dapat memberikan teladan yang baik tentang bagaimana bersikap dengan norma-norma dan pendidikan dasar. Jadi, alangkah baiknya apabila para orang tua juga mengetahui makna sejarah Hari Pendidikan Nasional.

 

Lalu bagaimana cara memaknai hari pendidikan nasional?

  1. Bukan semata-mata untuk meraih nilai yang bagus. Tapi bagaimana agar ilmu yang kita dapat bisa berguna bagi masyarakat dan masa depan bangsa.
  2. menghargai bentuk pendidikan di Indonesia serta memanfaatkan fasilitas pendidikan yang ada saat ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.
  3. Pendidikan tidak hanya pendidikan normal, pendidikan yang mengedepankan nilai keilmuan saja. Tapi juga pendidikan mental, moral, dan pendidikan kehidupan.
  4. pendidikan berlangsung di tiga lingkungan di antaranya keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, sudah semestinya pelajar tak hanya menerapkan pendidikan saat sedang di sekolah saja. Sebagai pelajar kita juga bisa berinisiatif mencari pendidikan informal di kehidupan keluarga dan bermasyarakat.
  5. Sebagai pelajar hendaknya kita memaknai Hari Pendidikan dengan menghormati jasa Bapak Pendidikan Nasional dan juga para guru dengan terus bersemangat dalam saat belajar dan ikut serta berkembang agar kualitas pendidikan yang kita punya semakin baik.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional”

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!