Usai merayakan hari raya idul adha, umat islam akan menyambut lagu bulan Mulia yaitu muharam. Dimana pada bulan itu kita umat islam juga merayakan tahun baru 1441 hijriah yang tahun ini akan jatuh pada hari Ahad, tanggal 1 September 2019. Bulan ini termasuk bulan yang sangat mulia, karena pada bulan ini umat islam dapat mencari ladang pahala sebesar-besarnya. Ada beberapa amalan yang dapat membuat ladang pahala kita semakin bertamah, diantaranya :

  1. Puasa Sunnah Asyuro

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (H.R. Muslim (11630) dari sahabat Abu Hurairah radhiyallohu anhu).

Sedangkan anjuran untuk puasa sunah Asyura yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram adalah sebagai berikut:

”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162). Bila ingin melaksanakan, niat puasa sunah Asyura adalah:

 “Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala”

Artinya: Saya niat puasa hari asyura, sunnah karena Allah ta’ala.

  1. Puasa sunnah tasu’a

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma dia berkata : ” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR. Muslim).

Adapun niat puasa sunah Tasu’a adalah sebagai berikut:

 “Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala”

Artinya: Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala.

  1. Perbanyak dzikir dan amalan salih

Saatnya untuk meningkatkan ketaatan kita pada Allah SWT. Kita bisa mulai memperbanyak dzikir dan amalan salih seperti sedekah dan membaca Al Quran. Selain itu, di bulan Muharram ini kita harus benar-benar menjaga diri dan menjauhi maksiat.

  1. Menyambung tali silaturahmi

Bulan ini juga bulan yang baik untuk menjalin dan menyambung kembali tali silaturahmi. Coba ingat-ingat lagi kira-kira ada siapa saja yang sudah lama tidak kamu hubungi. Semoga dengan mulai menyambung tali silaturahmi di bulan Muharram ini, hubungan kita dengan orang-orang terdekat kita bisa terus membaik di bulan-bulan selanjutnya.

 

Semoga di awal tahun hijriah ini menjadi awal kita untuk menjadi umat yang lebih baik, dan lebih mencintai Allah dan Rasul Nya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!