Belajar merupakan salah satu hal yeng penting dalam hidup manusia. Namun, banyak orang yang merasa malas untuk belajar. Terkadang seseorang merasa lelah berusaha karena hasil yang dicapai tidak sesuai dengan keinginan. Atau mereka sebagai pelajar tidak senang dengan suatu peajaran dan menimbulkan malasnya untuk mempelajari pelajaran tersebut.

Seseorang yang rajin belajar berarti dia memiliki komitmen dalam belajar. Dilain sisi, seseorang yang rajin mengetahui caranya sendiri untuk bersenang-senang. Hal ini dilakukan agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Proses belajar membutuh waktu dan proses. Meskipun pada awalnya susah, secara perlahan-lahan kamu akan menyukainya.

Tips dan Trik Meningkatkan Motivasi Belajar Untuk Diri Sendiri

1.Membuat Agenda Belajar

Langkah pertama yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan membuat agenda belajar yang jelas. Agenda belajar akan membantumu untuk mengatur waktu dan materi apa yang harus dipelajari. Dengan demikian, kamu akan lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar. Cukup dengan membuat agenda belajar, belajar yang kamu lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Menentukan Gaya Belajar

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentukan apakah kamu termasuk seseorang yang bertipe visual, auditori, atau kinestetik. Dengan mengetahui gaya belajar, kamu bisa menyesuaikan diri dengan materi yang ingin dipelajari. Jadi tentukan tipe gaya belajarmu.

3. Istirahat

Istirahat termasuk salah satu faktor penting dalam proses belajar. Belajar terus menerus tanpa memberikan waktu istirahat akan membuat orak dan tubuh menjadi lelah. Ketika tubuh lelah, proses belajar tidak akan maksimal. Materi yang dipelajari tidak akan bisa terserap optimal dalam ingatan. Selain itu, istirahat juga dibutuhkan akan kondisi tubuh tetap fit dan sehat.

4. Hindari Gangguan Belajar

Seringkali gangguan saat belajar belajar menghambat proses penyerapan materi. Untuk memperoleh suasana belajar yang baik, hindarilah gangguan belajar yang mungkin terjadi. Aturlah waktu untuk bermain gadget, bermain sosial medua, melihat televisi, dan game online agar tidak mengganggu waktu belajar. Jangan berada di kumpulan orang atau keramaian. Usahakan tidk ada sesuatu di sekeliling yang dapat mengalihkan fokus belajarmu.

5. Cari Suasana yang Tepat

Sebenarnya tidak ada istilah suasana yang tepat. Semua suasana menjadi tepat jika kamu berhasil mengontrol diri sendiri. Cari tempat belajar yang nyaman dan membuat kamu fokus untuk belajar. Jika perlu putarlah musik klasik yang akan membuat suasana menjadi lebih tenang dan damai. Kamu dapat menentukan suasana yang tepat untuk diri sendiri. Terkadang secangkir teh atau coklat panas membuat suasana belajar menjadi lebih sempurna.

6. Belajar Bersama Teman

Jika kamu merasa bosan dan malas belajar sendiri, belajar bersama teman bisa menjadi solusi.  Selain akan menjadi motivasi belajar dan penyemangat, teman akan membantu saat kamu menemukan kesulitan. Belajar dengan sistem diskusi biasanya membuat kita lebih mudah memahami sesuatu.Namun, jangan sampai belajar bersama teman ini justru menjadi tidak efektif karena terlalu banyak digunakan untuk mengobrol ataupun bermain.

Untuk belajar dengan hasil optimal diperlukan niat dan kemauan kuat untuk berusaha. Kegigihan dan kepercayaan diri diperlukan agar kita tidak mudah menyerah saat berproses. Hal yang perlu diingat, komitmen diperlukan untuk mencapai sesuatu yang diimpikan. Jangan pernah lupa untuk terus berdoa pada Tuhan dan meminta restu orang tua. Semangat dan terus berlatih agar kesuksesan menantimu di masa depan. Semoga motivasi belajar ini bermanfaat.

7. Mengulang materi

Sepulangnya dari sekolah, biasanya kita akan membawa beberapa pelajaran yang di bawa saat di sekolah. Untuk mengefektifkan pikiran, dan tidak tergesa gesa saat mengerjakan ujian, coba refresh kembali saat di rumah materi yang telah di dapat di sekolah. Cukup beberapa menit untuk mengulang kembali materi tersenut.

8. Menentukan Target Belajar Yang Memungkinkan Dicapai Pada Tiap Sesi

Salah satu cara memotivasi diri sendiri agar semangat belajar adalah dengan menentukan target belajar pada sesi tertentu. Perlu ditentukan berapa menit atau berapa jam harus diusahakan bisa selesai mempelajari bagian tertentu. Misalnya dalam satu jam ke depan ditargetkan bisa selesai mempelajari Bab I, satu jam kemudian selesai mempelajari Bab II.

Dengan adanya target seper ini maka akan terpacu untuk menyelesaikan target yang telah ditetapkan. Namun dalam penentuan target juga perlu diperkirakan kira-kira mampu atau tidak memenuhi target yang akan ditetapkan. Apabila memang dirasa suatu Bab cukup berat untuk selesai dipelajari dalam satu jam maka bisa ditambah lagi menjadi satu setengah jam atau dua jam.

9. Berdo’a Sebelum Belajar

Jangan lupa untuk berdoa sebelum belajar. Berdo’a sebelum belajar akan memberikan suntikan semangat motivasi belajar secara spiritual transendental. Pada tataran spiritual maka belajar memiliki nilai sebagai ibadah. Dengan demikian berdo’a sebelum merupakan suatu hal baik yang dianjurkan untuk kita semua untuk mendapatkan semangat belajar secara spiritiual karena proses belajar bernilai ibadah

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!