Semarang (22 April 2019)- Pada tanggal 22 April lalu, SMA Islam hidayatullah mengadakan acara workshop kurikulum pengembangan Silabus, RPP, dan Penilaian bersama Dra. Anni Prabandari M.Pd di Ruang meeting SMA Islam Hidayatullah. Acara yang sangat menarik dan bermanfaat untuk pengembangan kualitas guru SMA Islam Hidaytaullah.

Kegiatan workshop kurikulum tersebut bertujuan agar para guru mengetahui seluk beluk dari kurikulum yang ada saat ini. Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian.

Sementara, Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263). Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk: (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar-mengajar; (2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana (Kunandar, 2011: 264). Fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien (Kunandar, 2011: 264).

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membuktikan bahwa SMA Hidayatullah memeiliki kualitas guru yang baik dan juga dapat bermanfaat untuk kegiatan di sekolah dan pengembangan pembelajaran untuk anak didik SMA Islam Hidayatullah.

Video dokumentasi selengkapnya ada di link di bawah ini. Jangan lupa like, komen, dan subscribe.

Info PPDB 2019/2020

 

By admin

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
sasa
sasa
1 year ago

Assalamu’alaikum, maaf biaya masuk dan spp untuk sma hidayatullah th 2019/2020 berapa ya?

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x